BLANTERORBITv102

    Tim PKM Uhamka Gelar Workshop Kebugaran Jasmani melalui Aplikasi SIPGAR bagi Peserta Didik dan Pendidik di SMA Alkautsar Kebayoran Baru

    Senin, 06 Desember 2021


    Penadigital.id
    - Tim PKM Uhamka yang berisikan dosen juga diketuai oleh  Khavisa Pranata dan beranggotakan Safrul beserta Nurwahyuni dan juga dibantu oleh dua Mahasiswa Prodi PGSD Uhamka telah menyelenggarakan workshop kebugaran jasmani melalui aplikasi SIPGAR (Sistem Informasi Pengukuran Kebugaran) bagi peserta didik dan pendidik di SMA Alkautsar Kebayoran Baru Jakarta Selatan, pada (3/12) melalui platform Zoom Meeting.


    Kegiatan ini di usung sebagai upaya memberikan pengetahuan dalam menjaga kebugaran jasmani dengan memanfaatkan aplikasi SIPGAR yang menarik ditengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita tetap menjaga kebugaran.


    Aplikasi SIPGAR  merupakan sistem informasi kebugaran dari kementerian kesehatan Republik Indonesia yang dapat mengukur kebugaran tubuh seseorang.


    Aplikasi ini dapat di unduh melaui Play Store sebagai langkah untuk mendeteksi volume oksigen dalam tubuh, sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui terkait aplikasi ini, kategori pengguna pada aplikasi SIPGAR ini dimulai dari pelajar sampai dengan lansia, ada empat pilihan pengguna yang dapat disesuaikan pada saat pengisian data pada aplikasi yaitu Peserta umum, ASN, Calon jamaah haji dan Anak usia sekolah. 


    Pada workshop kali ini tim memberikan materi workshop terkait pentingnya kebugaran jasmani, macam-macam bentuk latihan kebugaran serta mengenalkan macam-macam tes kebugaran sekaligus memperkenalkan aplikasi SIPGAR yang dapat diunduh melaui android masing-masing.


    Indrasini Yuliawati selaku kepala sekolah SMA Alkautsar Kebayoran Baru Jakarta Selatan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim PKM Uhamka dan juga ke pada LPPM Uhamka karena telah bersedia melaksanakan PKM di sekolah SMA Alkautsar.


    "Kegiatan ini sangat bermanfaat dikarenakan dimasa pandemi Covid-19 pada saat PTM terbatas, peserta didik kurang melaksanakan aktifitas gerak, dengan aplikasi SIPGAR ini diharapkan peserta didik dan guru dapat mengukur kebugaran jasmani secara pribadi di tempat masing-masing serta mentaati protokol kesehatan," tutur Indrasini.


    Diakhir kegiatan, peserta diminta untuk memberikan tanggapan terkait kegiatan yang telah berlangsung.


    Peserta menyampaikan bahwa "kegiatan ini sangat bermanfaat, kami mendapatkan pemahaman tentang pentingnya kebugaran dan juga mengetahui terkait aplikasi SIPGAR untuk mengukur kebugaran pribadi yang dapat dilakukan ditempat masing-masing sehingga kebugaran jasmani pribadi dapat diketahui," tutur peserta.


    (ADP)


    Author

    admin adp