BLANTERORBITv102

    UMM Peroleh Juara LKTII Nasional

    Sabtu, 27 November 2021


    Penadigital.id
    - Berhasil peroleh juara tiga, tiga mahasiswa baru Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Islam (LKTII) Nasional. Kompetisi ini diadakan secara daring oleh Universitas Airlangga (Unair) pada (20/11).


    Yasmin Zakiyyatuzzahra, salah satu anggota tim menyampaikan, tulisan ilmiah yang diikutsertakan oleh timnya membahas terkait gagasan baru vaksinasi keliling. Upaya ini dirasa ampuh untuk menambah silaturahim dan untuk mengurangi kerumunan orang ketika mengantri vaksin.


    "Terurama antara tenaga kesehatan dan juga masyarakat," tutur Yasmin.


    Yasmi memastikan, kurang dari dua minggu tim mengerjakan tulisan ini. Untuk bagian abstrak, tim dapat menyelesaikannya dalam waktu tiga hari. Sementara itu, untuk bagian isi tulisan membutuhkan waktu sekitar satu minggu.


    Yasmin dan tim mengaku adanya kendala dalam proses pengerjaan, meskipun dapat menyelesaikan tulisan ilmiah secara cepat. Sebagai mahasiswa baru yang masih beradaptasi dengan dunia perkuliahan, ia harus membagi waktu lomba dan kuliah. Selain itu, kompetisi ini juga pengalaman pertamanya mengikuti lomba karya tulis ilmiah.


    Yasmin awalnya mengikuti kompetisi ini untuk mengisi waktu luang, sebelum dimulainya masa perkuliahan. Ia tidak menyangka kalau abstrak yang tim kirimkan akan lolos. Tim sempat berpikir untuk berhenti saja karena jadwal perkuliahan yang semakin padat. 


    "Sempat berpikir ingin berhenti saja. Tetapi pada akhirnya saya dan teman-teman tetap melanjutkan karena tidak mau mengerjakan sesuatu dengan setengah-setengah,” ujar Yasmin.


    Selain Yasmin, karya ilmiah ini juga ditulis oleh Amelia Putri Nasution dan Kanina Alma Dystanti. Meskipun baru pertama kali mengikuti lomba karya tulis ilmiah, Yasmin bersyukur timnya dapat memperoleh juara tiga. Jika nantinya diberi kesempatan, Yasmin dan timnya ingin merealisasikan gagasan vaksinasi keliling ini ke masyarakat luas sehingga semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.


    “Hasil perolehan juara ini membuat kami semakin termotivasi untuk mengikuti berbagai perlombaan di masa yang akan datang. Tentu kemenangan ini kami harap bisa menginspirasi teman-teman lain untuk berprestasi,” tutur Yasmin.


    (ADP)


    Author

    admin adp