BLANTERORBITv102

    Sebagai Kado Milad Ke-64, Uhamka Meraih Prestasi dalam Oral Presentation dan Poster Kampus

    Jumat, 26 November 2021


    Penadigital.id
     Uhamka kini telah menginjak usia ke 64 dan telah mendapatkan hadiah istimewa yaitu sebagai pemenang oral presentation dan Poster Kampus Sehat yang diselenggarakan oleh kementerian kesehatan dengan tuan rumah UGM pada (24/11).

     

    Hadiah yang telah diperoleh ini dipersembahkan oleh Team I Help U (Islamic Health Promotion University ) yang merupakan program promosi kesehatan dalam mewujudkan kampus sehat. Dalam keterbatasan waktu yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat sebagai Stakeholder dari program Kampus Sehat menunjuk 6 PTN (UGM, IPB, UNAIR, USU, UNLAM, UNSOED ) untuk mendampingi 27 PTS termasuk didalamnya Uhamka.

     

    Melalui arahan dan didampingi oleh  IPB yang dipimpin oleh Prof. Ikeu Tanziha dan komitmen yang kuat dari pimpinan dengan dibuktikannya penandatanganan Rektor Uhamka , Prof.Gunawan Suryoputro pada (9/10) lalu di UGM. Meskipun belum ada deklarasi yang di launching dari Uhamka, namun secara masif semua team I Help U bergerak dengan 2 fokus kegiatan yaitu aktivitas fisik dan gizi seimbang. Poster yang dibuat dan presentasi yang dilakukan adalah hasil penilaian kebutuhan (need Assesment) sivitas Uhamka  yang akan menjadi data awal kesehatan sivitas akademik meliputi pengukuran IMT(Indeks Massa Tubuh),  perilaku makan , dan aktivitas fisik dari mahasiswa, dosen dan tenaga pendidikan.

     

    Bentuk keberlanjutan dari dukungan program ini adalah dengan hadirnya Warek 4 Uhamka Bunyamin pada saat presentasi yang dilakukan di Grand Rohan Yogyakarta , serta team LPP AIKA  , Totong Heri dan M. Arifin Rahmanto , Ketua I Help U,  Hidayati dan presenter yang sekaligus sekretaris Tim I Help U , Imas Arumsari.

     

    Dalam testimoni nya pada acara tersebut warek 4 Uhamka  menjelaskan  bahwa HPU sangat sesuai dengan visi Uhamka sebagai Prophetic Teaching  University,  bahwa pola hidup sehat, mewujudkan  lingkungan yang sehat adalah bagian penting dari nilai-nilai Islam yang dicontohkan dan diajarkan oleh Rasulullah saw., Ibadah bukan hanya di atas sajadah dan di dalam masjid, tetapi gerakan untuk   mengimplementasikan  pembiasaan hidup sehat secara perorangan dan dalam lingkungan sosial yang mberikan kebermanfaatan untuk umat merupakan bagian dari ibadah yang sangat mulia.

     

    Keberlanjutan program akan dilakukan dengan Deklarasi bersama sivitas Uhamka, media gizi seimbang di seluruh kantin Uhamka , PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat )  Student Dormitory, Toilet bersih dan Peregangan yang akan dilakukan saat wisuda.

     

    Prof. Yayi Suryo Prabandi, selaku ketua Tim HPU Nasional dalam sambutannya mengatakan bahwa “kemenangan ini adalah langkah awal seluruh kampus untuk mewujudkan sumber daya yang sehat dan produktif sehat dimulai dari saya, sehat dimulai dari kampus,” tuturnya.


    Author

    Admin pr