BLANTERORBITv102

    Nadiem: Pentingnya Bahasa Indonesia untuk Kemajuan Negara

    Rabu, 03 November 2021


    Penadigital.id
    Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI menyatakan bahwa Indonesia bisa menjadi negara maju apabila rakyatnya mahir dalam berbahasa Indonesia. Memang dalam era globalisasi ini kemampuan berbahasa asing diperhatikan, namun Bahasa Indonesia tetap harus menjadi bahasa yang penting untuk dipelajari dan dipahami.

     

    “Indonesia bisa menjadi negara maju kedepannya apabila kita jago berbahasa Indonesia,” ujarnya dalam Seminar Lokakarya Kemahiran Berbahasa Indonesia (2/11).

     

    Dalam kesempatan tersebut Nadiem juga mengatakan bahwa Presiden Soekarno juga telah menetapkan bahwa bahasa persatuan Indonesia adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga demokratis, maksudnya adalah bahasa yang memerdekakan semua masyarakat dari berbagai kalangan.

     

    Ia menambahkan dalam upaya untuk terus mendorong kemampuan masyarakat dalam berbahasa Indonesia, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menciptakan sebuah program asesmen pembelajaran, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Situs tersebut bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan kita dalam berbahasa Indonesia.

     

    “Merdeka Belajar dapat diciptakan dari kemahiran kita dalam Bahasa Indonesia,” tuturnya.


    Author

    ADMIN DYL