BLANTERORBITv102

    Musik Tradisi akan Hadir dalam Pembelajaran PAUD hingga SMA

    Selasa, 09 November 2021

    Penadigital.id
    - Dalam hasil rekomendasi Kongres Musik Tradisi Nusantara yang dihelat pada September 2021, telah diterima oleh Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek). Kongres tersebut menghasilkan rekomendasi untuk menyediakan pembelajaran musik tradisi dalam setiap jenjang pendidikan.

     

    Nadiem menyebutkan bahwa pemerintah akan mendorong pelaksanaan pembelajaran musik tradisi dalam pendidikan formal dan informal, dari jenjang pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Luar Biasa (SLB).

     

    “Musik tradisi nusantara akan menstimulasi anak-anak Indonesia untuk menanamkan pada diri mereka bahwa mereka adalah pewaris seni dan budaya di masa depan,” sebutnya dalam webinar Hari Angklung se-Dunia, Senin (8/11).

     

    Menurut Nadiem apabila musik tradisi sudah memasuki kurikulum pendidikan, maka pelestarian budaya akan lebih mudah. Para peserta didik yang akan melestarikan budaya dengan kearifan lokalnya masing-masing. Namun implementasi musik tradisi dalam pendidikan harus diupayakan bersama-sama dan membutuhkan dorongan dari berbagai pihak.

     

    “Saya meyakini bahwa kita akan menjadi bangsa yang tangguh apabila kita mampu melestarikan dan memajukan budaya kita karena keragaman budaya kita adalah kekayaan kita yang sebenarnya. Mari kita terus jadikan Indonesia bahagia dengan Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya,” ujarnya.


    Author

    ADMIN DYL