BLANTERORBITv102

    Hadiah dari Alquran

    Senin, 12 Juli 2021
    Sumber : Pixabay.com


     OLEH MUHAMAD YOGA FIRDAUS

     

    Penadigital.id - Dari Abdullah bin Abbas RA ia mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang di dalam dirinya tidak ada Alquran walaupun sedikit, dia itu ibarat rumah yang rusak.” (HR Tirmidzi).

    Hadis ini menjelaskan tentang pentingnya menghadirkan Alquran dalam kehidupan kita. Setiap dari kita hendaknya selalu terhiasi dengan keindahan cahaya Alquran. Karena Alquran merupakan pedoman kebahagiaan bagi setiap insan.

    Ada empat hadiah istimewa yang akan diterima oleh setiap insan yang senantiasa selalu menghadirkan Alquran di dalam dirinya.

    Pertama, predikat insan terbaik. Rasulullah SAW senantiasa menjamin setiap umatnya agar mendapatkan posisi istimewa melalui Alquran. Bersahaja menjadikan Alquran sebagai pedoman utama kehidupan.

    Dari Utsman bin ‘Affan RA ia mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik di antara kamu ialah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya.” (HR Bukhari).

    Kedua, hati yang tenteram. Allah mencintai setiap hamba-Nya yang senantiasa selalu mengingat-Nya. Menjadikan Alquran sebagai pembasmi setiap kegelisahan. Allah SWT berfirman, “(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan selalu tenteram.” (QS ar Ra’d: 28).

    Ketiga, limpahan rahmat dan pahala. Kehidupan ini tentunya penuh dengan teka-teki. Maka, setiap insan hendaknya selalu berupaya menemukan solusi atas kehidupan yang dijalani. Yakni, dengan menjadikan Alquran sebagai petunjuk abadi dan jalan untuk memperoleh pundi-pundi pahala serta ridha dari sang Ilahi.

    Allah SWT berfirman, “Kami turunkan dari Alquran sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang mukmin, sedangkan bagi orang-orang zalim (Alquran itu) hanya akan menambah kerugian.” (QS al-Isra’: 82).

    Lalu, dari Ibnu Mas’ud RA ia mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Alquran, maka baginya satu pahala kebaikan. Setiap satu pahala kebaikan dilipat gandakan menjadi sepuluh pahala kebaikan. Aku tidak berkata “Alif, Lam, Mim” itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR Tirmidzi).

    Keempat, syafaat di hari kiamat. Allah mencintai setiap hamba-Nya yang senantiasa dekat dengan Alquran. Lalu, Rasulullah SAW pun mengabarkan kepada umatnya tentang hadiah istimewa yang akan didapatkan oleh siapa saja yang membiasakan membaca Alquran.

    Dari Abu Umamah Al-Bahili RA ia mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Alquran, karena ia akan datang memberi syafaat kepada para pembacanya di hari kiamat nanti.” (HR Muslim).

    Ibarat rembulan yang menyinari kesunyian malam. Alquran adalah sumber keindahan. Obat istimewa dalam menghadapi setiap kepelikan. Tanpanya, kehidupan pun tampak tak karuan. Lewat Alquran, rahmat-Nya didapatkan.

    Wallahu a’lam.



    Sumber : Republika.co.id