BLANTERORBITv102

    3 Tips Sukses Berbisnis UMKM di Masa Pandemi

    Selasa, 06 Juli 2021

     


    Sudah kurang lebih satu tahun ini dunia dilanda wabah virus Covid-19. Banyakya kasus yang terinveksi serta korban meninggal dunia, membuat pemerintah mencanangkan tagar dirumah saja. Namun hal tersebut memberikan efek besar, salah satunya untuk bidang perekonomian termasuk para pelaku bisnis UMKM.  Banyaknya pelaku UMKM di Indonesia mengeluhkan tentang berkurangnya omzet. Tapi, adanya peraturan terebut seharusnya jangan menjadi alasan UMKM tidak melakukan gebrakan baru. Malah sebaliknya, merencanakan strategi adalah action yang perlu dilakukan saat ini. Mulai beradaptasi dengan suasana pandemi adalah hal yang mau tidak mau harus dilakukan jika tidak ingin gulung tikar. Nah, dibawah ini ada beberapa tips bisnis UMKM di masa pandemi, yuk disimak !

    1. Manfaatkan kanal marketplace online

    Di industri 4.0 ini teknologi sudah semakin canggih. Dan kanal – kanal marketplace sudah semakin banyak. Misalnya shopee, tokopedia, go-mart, dll. Ini menjadi strategi marketing untuk bisnis UMKM yang paling jitu. Mengaharuskan untuk tidak keluar rumah menjadikan orang – orang memanfaatkan platform tersebut. Eittts jangan lupa untuk membuat tampilan produk semenarik mungkin ya ! Jadi gimana tips bisnis UMKM ini uda dilakukan belum ?

    2. Memanfaatkan sosial media 

    Zaman sekarang siapa sih yang tidak memakan social media? Sosmed sudah menjadi kebutuhan sehari- hari yang tidak pernah ditinggalkan. Maka dari itu, manfaatkanlah sosmed untuk bisnis UMKM. Caranya gimana sih? Gampang banget, kamu Cuma upload produk UMKM di platform sosmed, misalnya instagram, twitter, atau facebook. Dengan gambar dan caption yang menarik  maka akan cepat mempengaruhi orang – orang untuk membeli. 

    3. Produk yang tepat sasaran

    Tips bisnis UMKM ini menjadi poin atau pokok utama. Jangan sampai strategi yang sudah dibahas di atas menjadi sia – sia karena kamu membuat produk yang tidak laku dijual. Inovasi dimasa seperti sekarang adalah hal yang harus dilakukan. Bila perlu, berinovasilah sebanyak mungkin. Pahami tren – tren yang sedang marak, pahami produk apa yang dibutuhkan dan disenangi orang – orang sekarang. Selain dapat mempertahankan, itu bisa juga membuat bisnis UMKM menguntungkan. 

    Itulah tips bisnis UMKM yang dapat kamu terapkan di masa pandemi sekarang. Semoga bermanfaat.

     Sumber: https://www.gagas.id/2021/06/tips-sukses-berbisnis-umkm-di-masa-pandemi.html