BLANTERORBITv102

    Wujudkan Catur Dharma Pendidikan, Uhamka Kerja Sama Dengan PCM Kramat Jati Dalam Penelitian

    Rabu, 15 Mei 2024

     Penadigital.id - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan audiensi dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PCM Kramat Jati yang diselenggarakan di Ruang Meeting I, Lantai 4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Rabu. (15/5)

     

    Kegiatan ini merupakan sebuah kesepakatan kerja sama antara Uhamka dengan PCM Kramat Jati dalam rangka pengembangan Penelitian dan Pendidikan sebagai bagian dari implementasi Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisiyah (PTMA) dan penguatan sinergi Persyarikatan Muhammadiyah.

     

    Kegiatan dihadiri oleh Prof. Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Anisia Kumala selaku Wakil Rektor I Uhamka, Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Prof. Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka, Prof. Herri Mulyono selaku Ketua Lembaga Pembinaan Publikasi, Perankingan, Kerja sama, dan Urusan Internasional (LP3KUI) Uhamka, Puri Pramudiani selaku Kepala Divisi Kerja sama dan Urusan Internasional LP3KUI Uhamka, serta perwakilan dari PCM Kramat Jati  mencakup Abdul Azis selaku Ketua, Marjan selaku Sekretaris dan beberapa jajaran anggota PCM serta kepala sekolah SD, SMP, SMA Muhammadiyah 4 Kramat Jati.

     

    Dalam sambutannya, Prof. Gunawan Suryoputro menyampaikan perihal dengan kerja sama di bidang penelitian, bahwa Uhamka sekarang sedang berfokus pada peningkatan di bidang riset dan penelitian melalui publikasi ilmiah serta penambahan jumlah doktor dan guru besar dari kalangan dosen yang ada di Uhamka.

     

    “Uhamka pada tahun ini harus berfokus pada riset yang terintegrasi dengan Catur Dharma. Untuk itu, Uhamka harus mempersiapkan jumlah doktor yang ada di Universitas dan saat ini sudah ada sebanyak 80% dari total jumlah dosen keseluruhan. Kita sambut dengan baik dalam meningkatkan dakwah persyarikatan yang berkemajuan,” ucap Prof. Gunawan.

     

    Selanjutnya, Prof. Nani Solihati juga menyampaikan bahwa peningkatan kerja sama di bidang penelitian merupakan bagian dari ikhtiar Uhamka dalam mewujudkan Catur Dharma PTMA bersama dengan sekolah-sekolah yang ada di bawah amal usaha PCM Kramat Jati.

     

    “Penelitian merupakan bagian dari Catur Dharma pendidikan tinggi. Dengan kerja sama ini, akan mudahkan dosen Uhamka untuk dapat melakukan riset di beberapa sekolah muhammadiyah di Kramat Jati dan juga untuk pengabdian Masyarakat,” ujar Prof. Nani.

     

    Disisi lain, Abdul Azis selaku Ketua PCM Kramat Jati menyampaikan harapannya melalui kerja sama ini dengan Uhamka di bidang penelitian dan pendidikan agar dapat menghasilkan kemajuan sesuai dengan prinsip persyarikatan yaitu menciptakan pendidikan berkemajuan.

     

    Kerja Sama di bidang penelitian, dimana penelitian ini sudah direncanakan sejak tahun lalu dalam menambah manfaat dari persyarikatan antara PCM dengan Uhamka. Agar kita membawa kemajuan sesuai dengan prinsip persyarikatan Muhammadiyah.

     

    “Terima Kasih kepada Uhamka, semoga melalui kerja sama ini dapat menambah manfaat dari persyarikatan terutama bagi PCM Kramat Jati dan Uhamka dalam menciptakan kemajuan sesuai dengan prinsip persyarikatan Muhammadiyah,” tutur Abdul Azis.

     

    Diakhir, Marjan selaku Sekretaris PCM Kramat Jati menyampaikan apresiasinya terhadap ketersediaan Uhamka dalam kerja sama ini di bidang penelitian yang nanti akan dilakukan di sekolah-sekolah di wilayah Kramat Jati dibawah amal usaha PCM.

     

    “Atas Nama PCM, Ia sampaikan terima kasih atas penyambutan dan kerja sama ini melalui bantuan dalam bidang riset dengan pakar riset yang ada di Uhamka nantinya dan menjadi mentor bagi para siswa yang ada di SD, SMP dan SMA Muhammadiyah 4 Kramat Jati,” pungkas Marjan.

    Author

    Admin