BLANTERORBITv102

    Ikhtiar Tingkatkan Jumlah Guru Besar, Uhamka Dampingi Dosen Calon Guru Besar Lewat BIMTEK EL-KITE

    Sabtu, 27 April 2024


    Penadigital.id
    - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) EL-KITE (SIJALI) yang diselenggarakan di Aula AR. Fachruddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka, Jumat. (26/4)

     

    Kegiatan BIMTEK EL-KITE merupakan pendampingan bagi para dosen-dosen Uhamka yang akan menjadi guru besar dalam penyelesaian studi dan riset serta sebagai ikhtiar Uhamka sebagai Kampus Unggul dalam meningkatkan jumlah guru besar Universitas.

     

    Kegiatan dihadiri oleh Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Prof. Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka sekaligus pemateri kegiatan, Prof. Herri Mulyono selaku Kepala Lembaga Pembinaan Publikasi, Perankingan, Kerjasama, dan Urusan Internasional (LP3KUI) Uhamka sekaligus pemateri kegiatan, Supriansyah selaku Kepala Biro SDM Uhamka, serta dosen Uhamka yang sedang menjalani Program Percepatan Guru Besar.

     

    Dalam sambutannya, Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Uhamka menyampaikan kepada yang sedang menjalani program percepatan guru besar, bahwa guru besar Uhamka harus memiliki prestasi dan prestisi yang inovatif dan terus meningkat sebagai penunjang keunggulan Universitas.

     

    "Bapak dan Ibu Dosen yang mengikuti Program Percepatan Guru Besar ini harus memiliki Prestasi dan Prestise yang bagus dan inovatif, terutama di bidang riset dan penelitian sebagai penunjang peningkatan akreditasi dan keunggulan Uhamka," ucap Desvian.

     

    Selain itu, Desvian Bandarsyah juga menyampaikan harapannya kepada dosen Uhamka yang belum menyelesaikan studi S3 agar dapat dengan cepat menyelesaikan S3 nya dan meraih gelar Doktor, dilanjutkan dengan mengurus kepangkatan ke Guru Besar agar peningkatan jumlah Guru Besar di Uhamka dapat bertambah.

     

    Disisi lain, Prof. Nani Solihati selaku pemateri kegiatan BIMTEK EL-KITE menyampaikan tugas penting seorang Guru Gesar adalah mampu dalam menciptakan kemajuan dibidang pendidikan melalui penelitian-penelitian yang inovatif dalam bentuk jurnal.

     

    “Untuk menjadi guru besar harus diawali dengan niat yang kuat. Seorang guru besar harus dapat menciptakan dan memberikan inovasi serta kemajuan di bidang pendidikan melalui penelitian-penelitian yang dihasilkan, salah satunya melalui jurnal penelitian yang diterbitkan baik nasional maupun internasional,” ucap Prof. Nani.

     

    Selanjutnya, Prof. Nani Solihati juga menambahkan tips bagi para dosen yang sedang menjalani program percepatan doktor ini agar tetap semangat dan istiqomah untuk menjadi guru besar sehingga dapat selesai studi S3nya dan mendapat gelar Doktor.

     

    "Yang paling penting Ibu dan Bapak Dosen, dalam menjalani riset dan studi kita untuk menjadi guru besar, kita harus selalu telaten, sabar, serius, berdoa, dan berserah diri kepada Allah SWT. Karena masa sekarang sudah kompetitif, sehingga kerja keras, usaha dan doa merupakan sebuah kunci utama," pungkas Prof. Nani.


    Author

    admin adp