BLANTERORBITv102

    Mahasiswa PBSI FKIP Uhamka Dorong Kemampuan Literasi Anak di Temanggung

    Selasa, 05 Maret 2024

    Penadigital.id - Sebanyak 72 Mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (Uhamka) melaksanakan kegiatan KKN-DIK di Desa Tempuran, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak tanggal 16 Februari hingga 1 Maret 2024.

     

    Pelaksanaan kegiatan KKN-DIK Mahasiswa PBSI di tahun 2024 ini mengusung visi yaitu Penguatan Literasi untuk Temanggung yang Berkemajuan. Terdapat 8 kelompok Mahasiswa yang dibagi ke sejumlah Dusun yang ada di Desa Tempuran, antara lain Dusun Ngadisari, Dusun Sidotopo, Dusun Pencar, Dusun Kemriyan, Dusun Kemloko, Dusun Tempuran, dan Dusun Kandangan.

     

    Pembukaan kegiatan KKN-DIK Mahasiswa PBSI disambut dengan hangat oleh Kepala Desa di Balai Desa Tempuran, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung. Selain itu, hadir pula Ketua PKK Tempuran, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta sejumlah aparat desa lainnya.

     

    Masyarakat Desa Tempuran pun turut menyambut kedatangan Mahasiswa dengan penuh suka cita. Pelaksanaan kegiatan penguatan literasi yang sudah dirancang pun bisa dijalankan dengan baik, mulai dari pembuatan rumah belajar, bimbingan TK, bimbingan TPQ, hingga acara puncak yaitu 'Gebyar Literasi' yang menjadi ajang perlombaan anak-anak di Desa Tempuran dan juga penampilan pentas seni.

     

    "Kami sangat berterimakasih kepada Mahasiswa UHAMKA yang sudah datang dan membantu anak-anak di Desa Tempuran agar memiliki keterampilan literasi yang lebih baik,” ujar Kepala Desa Tempuran.

     

    Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut bisa meningkatkan kemampuan literasi anak-anak di Desa Tempuran dan juga bisa menjadi wadah mereka dalam menyalurkan minat dan bakat.


    Author

    Admin