BLANTERORBITv102

    Siap Menjawab Tantangan Masa Depan, FISIP Uhamka Bentuk Karakter Mahasiswa yang Kreatif dan Berakhlak

    Minggu, 18 Februari 2024

     Penadigital.id - Tellys Corliana, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menjadi narasumber untuk Acara Teras TVMu dengan tema FISIP Uhamka Menjawab Tantangan Masa Depan yang disiarkan di kanal Youtube TV Muhammadiyah.

     

    Dalam kesempatan ini, Tellys Corliana berbagai informasi mengenai peran FISIP Uhamka dalam mempersiapkan lulusan mahasiswanya yang unggul untuk siap menjawab tantangan perkembangan zaman melalui pembekalan dari pendidikan yang diberikan oleh FISIP Uhamka lewat program-program studinya yang sudah unggul.

     

    Tellys Cornelis menyampaikan poin implementasi dari Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisiyah (PTMA) yang telah dilaksanakan oleh FISIP Uhamka dalam menyukseskan program-program Pengabdian Masyarakat dan pengajuan proposal sebagai hasil luaran kegiatan serta menggencarkan publikasi ilmiah dan penerapan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) melalui tadarus bersama.

     

    "Untuk dosen FISIP diwajibkan setiap semesternya untuk melakukan Penelitian dan Pengabdian baik Internal maupun Eksternal. Untuk dosen sudah kita wajibkan untuk selalu menyusun proposal. Lalu untuk publikasi juga sudah digencarkan dalam meningkatkan mutu akreditasi, juga di Pembelajaran seluruh dosen sudah diwajibkan untuk lanjut studi S3 dan membekali para mahasiswa melalui pendidikan yang berkualitas. Untuk AIK setiap minggu ada pengakian dan setiap pagi selalu dilaksakan tadarus," ucap Tellys.

     

    Selain itu, Tellys juga menyampaikan tantangan besar yang dihadapi oleh FISIP Uhamka adalah mendidik mahasiswa zaman sekarang yang lebih kecenderungan terhadap teknologi dan media sosial

     

    “Generasi sekarang dikenal sebagai Digital Native dimana memiliki kekurangan dibagian sosialnya untuk interaksi langsung dengan orang lain dan lebih cenderung ke media sosial. Namun ini sebuah proses yang harus terus kita bimbing dan awasi untuk mampu beretika dan kesantunan seiring dengan peningkatan kognitif dan pengetahuan,” tutur Tellys.

     

    Selanjutnya, Tellys juga menyampaikan program-program menarik yang dimiliki oleh FISIP Uhamka dalam membangun dan melatih kreativitas mahasiswa lewat komunitas atau UKM yang ada di FISIP Uhamka.

     

    "FISIP Memiliki Komunitas Ilmiah yaitu Komunitas Radio, Broadcast, Jurnalis dan lainnya dalam mengembangkan kreativitas dari mahasiswa juga melatih para mahasiwa untuk dapat bekerja sama dalam tim," pungkas Tellys Corliana


    Author

    Admin