BLANTERORBITv102

    Mahasiswa KKN PBSI FKIP Uhamka Berikan Kontribusi Pendidikan dan Sosial di Kabupaten Temanggung

    Selasa, 20 Februari 2024

     


    Penadigital.id 
    - Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema Penguatan Literasi Kreatif untuk Temanggung di Temanggung, Sabtu (17/2).

     

    Kegiatan ini dihadiri oleh Yuli Ristiana selaku Camat, Priyanto selaku Kepala Desa,  Aipda Facrurozi selaku Babinkamtibmas, Sertu Ahmad Kandafi selaku Babinsa, Heri Setiani selaku Ketua Tim Penggerak PKK, M. Taufik Efendi selaku Sekretaris Desa, Prof Prima Gusti Yanti selaku Kaprodi PBSI FKIP Uhamka, dosen PBSI Uhamka diantaranya Achmad Abi Mubarok, Abdul Latif, Abdul Rahman Jupri dan Deasy Wahyu Hidayati, dan mahasiswa.

     

    Prof Prima Gusti Yanti selaku Kaprodi PBSI FKIP Uhamka menuturkan, mahasiswa PBSI FKIP Uhamka yang akan melaksanakan KKN ini berjumlah 72 orang.

     

    "Kepada bapak kepala desa, kami izin menitipkan mahasiswa-mahasiswa kami di sini. Dan kepada ibu-ibu PKK, saya juga mohon untuk mendampingi mahasiswa kami untuk acara festival nanti. Dan untuk para mahasiswa tolong jaga nama baik Uhamka, karena dari tahun ke tahun nama Uhamka sangat baik," tutur Prof Prima.

     

    Sementara itu, Abdul Rahman Jupri selaku dosen PBSI FKIP Uhamka mengatakan bahwa kegiatan KKN ini merupakan kesekian kalinya di daerah Temanggung dan KKN ini akan berlangsung selama 13 hari. Ia menjelaskan KKN ini dibagi menjadi beberapa bentuk, pertama akan ada rumah belajar di masing-masing dusun, kedua ada kerja bakti pada hari Jumat pagi di lingkungan kepala desa dan sekitarnya, ketiga akan ada lomba pekan literasi pada hari Minggu di masing-masing dusun, dan keempat akan ada lomba tumpeng antar dusun pada hari Senin atau Selasa.

     

    "Saya mengucapkan terima kasih kepada ibu camat yang telah berkenaan hadir, kemudian kepala desa beserta jajarannya yang telah menerima mahasiswa kami melaksanakan KKN di desa ini. Kami berharap mahasiswa kami di sini mendapatkan pembelajaran tenntang kehidupan. Dan kami berharap KKN ini juga dapat bermanfaat untuk warga desa," ujar Jupri.

     

    Dilain pihak, Priyanto selaku Kepala Desa menyampaikan, mahasiswa- mahasiswa yang akan melakukan KKN ini, kedepannya akan menjadi generasi unggul untuk membawa Indonesia yang lebih maju.

     

    "Untuk para mahasiswa yang terpenting tetap menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga diri, dan menjaga nama baik Uhamka bukan hanya di Temanggung ini tetapi dimanapun kalian berada. Saya yakin Uhamka kedepannya semakin jaya begitu juga dengan mahasiswanya akan lahir sebagai pemimpin-pemimpin yang berakhlakul karimah," ungkap Priyanto.


    Author

    admin adp