BLANTERORBITv102

    Bupati Pesawaran Harapkan Seminar Pendidikan Lahirkan Inovasi di Masa Depan

    Rabu, 01 November 2023


    Penadigital.id 
    Seminar Pendidikan yang digelar oleh pemerintah Kabupaten Pasawaran diharapkan dapat terus berinovasi dan merancang arah perjalanan Pendidikan kedepannya.

     

    Bupati Dendi Ramadhona berharap melalui Seminar Pendidikan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran dapat mempertimbangkan praktik guna memastikan keberlangsungkan dan keberlanjutan Gerakan Merdeka ‘Belajar Merdeka Mengajar’ dalam memajukan Pendidikan di Bumi Andan Jejama. Seminar Pendidikan yang diadakan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pesawaran untuk menyukseskan Kurikulum Merdeka.

    “Kedepan masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar serta rintangan yang jauh lebih tinggi dan menantang. Kita harus selalu memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar Merdeka Mengajar demi suksesnya Kurikulum Merdeka di Kabupaten yang kita cintai ini, “ kata Bupati Dendi.

     

    Selain menjadi Bupati Pesawaran, Dendi juga menyandang menjadi ketua Karang Taruna Provinsi Lampung memberitahu mengenai Learning Loss dimana menurunnya pengetahuan dan keterampilan siswa secara akademis sebagai akibat dari pembelajaran di rumah yang terjadi selama waktu yang cukup lama akibat dampak dari Covid-19.

     

    “Jadilah role model yang bekerja dengan hati agar lahir generasi penerus bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, juga kreatif. Kita titipkan masa depan Kabupaten Pesawaran dan Indonesia di Pundak generasi muda Andan Jejama yang berprofit pelajar Pancasila,” pungkas Dendi.

     

    Dalam kesempatan ini, Nanda Indira Dendi sebagai Bunda Literasi dan Ketua TP-PKK Kabupaten Pesawaran menyampaikan berbagai upaya untuk membangun budaya literasi di Kabupaten Pesawaran yang sudah dilakukan. Upaya yang telah dilakukan yaitu melantik Bunda Literasi di 11 Kecamatan yang merupakan istri dari para Camat dengan tujuan untuk meningkatkan budaya minat baca oada masyarakat khususnya di seluruh Kecamatan di Kabupaten Pesawaran.

     

    “Selain itu mengembangkan perpustakaan Desa dan menciptakan ruang baca publik, kemudia menginstruksikan kepada para Perangkat Daerah yang memberikan pelayanan publik, BUMN, BUND, swastra agar membuat pojok bacaan di ruang tunggu pelayanannya,” ucap Nanda.

     

    Nanda Indira Dendi menganjurkan untuk membaca dan berdoa 15 menit sebelum pembelajaraan dimulai bertujuan agar siswa siswi terbiasa membaca dan belajar materi diluar pelajaran untuk menumbuhkan wawasan dan terbentuknya generasi pembelajaran sepanjang masa yang sudah diterapkan ditingkat SD, SMP, SMA.

     

    “Tujuannya agar siswa siswi terbiasa membaca dan belajar materi diluar pelajaran untuk menumbuhkan wawasan dan terbentuknya generasi pembelajaran sepanjang masa yang sudah diterapkan ditingkat SD, SMP, SMA,” ujar Nanda.

     

    Seminar Pendidikan yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Pasawaran diikuti kurang lebih 457 peserta sekabupaten Pesawaran yang terdiri dari Kepala TK Pembina, TK percontohan, Kepala Sekolah SD Negeri dan Swasta, Kepala Sekolah SMP Negeri dan Swasta, Pengawas Sekolah, Penilik Sekolah dan PGRI.

    Hadir juga Direktur Jendral Guru dan Tenada Kependidikan Kemedikbudristek RI, Pengembangan Teknologi Pembelajaran di Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kepala Balai Guru Penggerak Provisi Lampung, Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, para Pejabat structural dilingkungan Kabupaten Pesawaran dan para Korwilcam sekabupaten Pesawaran.

     

    Nuri Azkia Kamal/adp


    Author

    admin adp