BLANTERORBITv102

    Belajar budaya Betawi, Kelompok Noer Alie kunjungi Museum Betawi

    Senin, 13 November 2023


    Penadigital.id - Kelompok Noer Alie melakukan Giat Kebhinekaan 5 di Museum Betawi Setu Babakan dengan tema Inquiry, demonstrasi dan brainstorming dengan tema Mengalami dan Memaknai Seni  dan Budaya Betawi sebagai Cermin Akulturasi Budaya di Indonesia pada Minggu (29/10)


    Mubarak Ahmad selaku Dosen Modul Nusantara menjelaskan kegiatan kali ini kita akan ditemani Bang Jek. Kali ini Mahasiswa akan mengamati dan kampung budaya setu babakan serta membuat bagaimana membuat batik tulis corak Betawi.


    “Selamat Datang Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Kampung Betawi Setu Babakan. Ini merupakan perkampungan satu-satunya di Indonesia yang diresmikan oleh Gubernur Jakarta lintas zaman, Bapak Sutiyoso, Bapak Fauzi, dan Bapak Joko Widodo. “  Ungkap Jaka


    Selanjutnya Jaka menjelaskan Ondel-Ondel harus sepasang, dibagian kepala ondel-ondel Namanya kembang kelapa. Lalu semua atap umah Betawi ada ornamen gigi balang (ada 5 macam gigi Balang), pakaian resmi bagi laki-laki Betawi ada Outfit Sadariah dan Perempuan Kebaya Kerancang/Encim. Ada batik Betawi, Kerak Telor dan Bir Pletok. Bir Pletok dulunya dibuat untuk menyaingi bir pada masa itu. Bir Pletok bukan minuman yang memabukkan tapi ini minuman yang menghangatkan.


    Melalui kegiatan Modul Nusantaa ini Mahasiswa dapat memperkaya wawasan mengenai Budaya Betawi.

    (Shinta S/Dyl)


    Author

    ADMIN DYL