BLANTERORBITv102

    Uhamka Lahirkan 616 Lulusan PPG sebagai Guru Profesional

    Minggu, 29 Oktober 2023


    Penadigital.id
    - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melakukan Yudisium Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka Periode II 2023, Aula Ahmad Dahlan lantai 6 FKIP Uhamka, Sabtu (28/10)


    Acara ini turut dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka, Samsul Ma'arif selaku Wakil Dekan II Uhamka, Khairil Iba selaku Koordinator PPG FKIP Uhamka, Kusmajid Abdullah selaku Sekretaris Program PPG FKIP Uhamka, Neneng Heriyati yang mewakili Plt. Direktur Profesi Pendidikan Guru Kemendik, Purwosusilo selaku Ketua Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan peserta yudisium.


    Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menuturkan PPG Uhamka berhasil meluluskan 616 orang mahasiswa dari berbagai asal daerah dan berbagai program studi. Ia berharap lulusan PPG Uhamka ini menjadi guru yang profesional dan sanggup untuk menjalankan tugasnya.


    "Saya berharap lulusan PPG Uhamka ini menjadi guru yang profesional dan sanggup untuk menjalankan tugasnya, yaitu mendidik anak bangsa agar lebih berkualitas untuk memenuhi tantangan zaman khususnya Indonesia Emas," tutur Prof Gunawan.


    Di kesempatan yang sama, Purnama Syae Purrohman selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka menyampaikan bahwa yudisium PPG Uhamka merupakan suatu yang membanggakan. Ia juga menjelaskan bahwa mahasiswa PPG Uhamka ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia.


    "Insya Allah ini akan terus berlanjut peranan Uhamka untuk bekerjasama dengan pemerintah dalam PPG. Peran nya adalah menciptakan guru-guru yang sudah baik menjadi lebih profesional untuk siap menghadapi perubahan-perubahan kurikulum," ujar Purnama.


    Di sisi lain, Neneng Heriyati yang mewakili Plt. Direktur Profesi Pendidikan Guru Kemendik menyampaikan bahwa Uhamka sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) telah menjalankan PPG dengan sangat baik dan melahirkan lulusan terbaik.


    "PPG Uhamka mulai dari 2018 hingga saat ini sudah berhasil menciptakan lulusan yang terbaik. Mudah-mudahan kerja sama ini bisa berlanjut untuk menciptakan bapak dan ibu guru yang profesional," ucap Neneng.


    Di lain pihak, Purwosusilo selaku Ketua Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengatakan terima kasih kepada Uhamka yang telah membersamai dan mendidik guru-guru melalui PPG dari tahun ke tahun. Ia berpesan kepada para dosen dna guru pamong PPG Uhamka agar tidak kenal lelah dan terus berkarya untuk pendidikan di DKI Jakarta.


    "Untuk teman-teman guru yang sudah lulus harus tetap mengembangkan kualifikasi dan kompetensi. Maka guru-guru harus melayani para peserta didik dengan profesional," ujar Purwosusilo.


    Sementara itu, Nurfani Arfan selaku Lulusan PPG prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Uhamka mengungkapkan bahwa selama dalam perkuliahan para dosen selalu membantu. Ia berharap Uhamka kedepannya dapat mencetak guru-guru yang berkualitas dan profesional dari tahun-tahun sebelumnya.


    "Saya sangat bahagia selama kuliah PPG ini para dosen dan guru pamong selalu membantu sehingga saya dapat mengikuti yudisium periode II di tahun 2023," ungkap Nurfani.


    Author

    admin adp