BLANTERORBITv102

    PMM UMM Gunakan Metode Film Based Learning Untuk Meningkatkan Pembelajaran

    Selasa, 17 Oktober 2023

    Penadigital.id - Mahasiswa Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (PMM-UMM)  Kel 38 Gel IV mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat Bersama siswa/i di SMPN 1 Gayam (29/08). Kegiatan ini dinaungi oleh Dosen Pembimbing Lapangan Winda Hardyanti. Kegiatan yang diusung oleh relawan Sapudi  bercerita guna memberikan inovasi di sela kegiatan belajar mengajar di kelas, kegiatan ini bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian. Kegiatan ini juga dihadiri oleh segenap dewan guru dan Kepala Sekolah SMPN 1 Gayam.


    Dalam film ini, sang ayah yang diperankan Vino G. Bastian mengalami cacat mental namun ia sangat menyayangi putrinya. Keterbatasan mental sang ayah membuatnya mudah dituduh melakukan kejahatan dan dimanfaatkan ketimpangan keadilan oleh kekuasaan. Film yang ditayangkan yaitu Miracle in Cell No. 7 (2022). Film Miracle In Cell No 7 menceritakan tentang hubungan seorang ayah dan putrinya dengan latar belakang kehidupan di sel penjara.


    Film Miracle In Cell No 7 ini dapat memberi contoh bagi para siswa/i untuk menegakkan keadilan serta tidak memandang orang dengan sebelah mata. Mengajarkan berbagai macam pesan moral seperti bagaimana seseorang harus berlaku adil tanpa pandang bulu. Memandang orang sebelah mata, termasuk kepada para penyandang disabilitas adalah sesuatu yang tidak pantas dilakukan.


    Setelah usai menonton film, diadakan Kuis Berhadiah. Pertanyaan yang diajukan juga membahas tentang implementasi serta pesaN moral yang dapat dilakukan oleh siswa/i di kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan film Miracle in Cell No. 7 (2002).


    Riza Laura Siswi SMPN 1 Gayam menyampaikan ia sangat terhibur atas pemutaran film, ia juga bisa belajar dari film tersebut.


    "Saya saat senang dengan kegiatan menonton film karena bisa belajar sekaligus terhibur dengan filmnya. Saya juga mendapat hadiah karena menjawab pertanyaan dari kakak-kakak PMM," ujarnya.


    Banyak film-film yang kaya akan pesan moral dapat berdampak baik bagi tumbuh kembang anak. Menonton film selain dapat menjadi hiburan juga dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi anak

    (Shinta/Dyl)



    Author

    ADMIN DYL