BLANTERORBITv102

    Dorong Inovasi Mahasiswa, PNJ Gelar Pameran bersama Dunia Industri

    Rabu, 18 Oktober 2023

    Penadigital.id - Karya-karya inovatif mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) diperkenalkan dalam pameran yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 18 hingga 20 Oktober 2023. Karya-karya yang dihasilkan Proyek Based Learning (PBL) Expo dengan berkolaborasi dengan mitra industri.


    Karya-karya yang dipamerkan merupakan sebuah produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Menurut Wakil Direktur Bidang Akademik PNJ Nunung Martina, projek ini didasari oleh permasalahan di masyarakat untuk itu masyarakat juga dapat memberikan penilaian.


    “Produk dari PBL ini sudah ditingkatkan menjadi produk hilirisasi karena PNJ adalah BLU dan kita mengharapkan pengembangan dari produk kita menjadi income untuk PNJ,” jelas Wakil Direktur Bidang Akademik PNJ.


    PBL Expo ini juga memiliki korelasi dengan program yang diusung oleh pemerintah yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Guna mendorong mahasiswa berpikir kritis dan kreatif saat dihadapi persoalan.


    Seluruh program studi di PNJ turut serta dalam proyek expo ini. Di proyek ini mahasiswa dituntut untuk mengintegrasikan daya kreatif dengan teknologi terkini.


    Bukan hanya menampilkan karya mahasiswa, acara ini pun menghadirkan narasumber ahli di bidangnya untuk mengisi seminar juga mengadakan workshop PBL yang dibawakan oleh mahasiswa.

    PBL Expo ini mengikutsertakan mitra industri, siswa-siswi SMK/SMA se-Jabodetabek hingga narasumber teknik/non-teknik untuk membagikan ilmu dan motivasi kepada pengunjung, jelas Ketua Pelaksana PBL EXPO PNJ 2023 Novi Purnama Sari.


    Pihak penyelenggara telah berjanji memberikan wadah menampung ide-ide kreatif, mendukung perkembangan inovasi para mahasiswa dan bekerja sama dengan mitra industri.


    Guna mendorong terwujudnya visi yang dimiliki. PNJ mengusung metode pembelajaran yang sistematis yang menyertakan 21st Century Skill. 21st Century Skill yaitu serangkaian kemampuan yang perlu dimiliki generasi kini guna menghadapi setiap perubahan di era saat ini.


    Kemampuan-kemampuan tersebut dapat diasah lewat real world project dengan kata lain melalui pembelajaran Project Based Learning (PBL).


    Metode tersebut bertolak belakang dengan pembelajaran konvensional. Melalui metode PBL, mahasiswa akan mengusung sebuah proyek yang akan dikembangkan oleh pemahaman mereka mengenai materi yang telah dipelajari.


    (Rara ASD/Dyl)


    Author

    ADMIN DYL