BLANTERORBITv102

    Tim Pengmas FTII Uhamka Melakukan Pendayagunaan Potensi Kotoran Kambing menjadi Biogas pada Peternakan Bina Mandiri Farm

    Rabu, 20 September 2023


    Penadigital.id
    Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Teknologi Industri dan Informatika  (FTII) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  (Uhamka) mengadakan pemasangan digester hasil rancangan tim dari Rumah Energi.

     

    Tim Pengmas FTII terdiri dari tiga orang dosen, yang diketuai Rifky dan beranggotakan Oktarina Heriyani dan Dan Mugisidi.

     

    Kegiatan perencanaan, desain, perhitungan dan konstruksi digester sudah berlangsung dari November 2022. Sejak itu hingga 17 September 2023 setiap bulannya, digester tetap menjadi pengawasan dari Rumah Energi dalam pengoperasian, kondisi, dan kinerjanya.

     

    Rifky selaku ketua mengatakan bahwa Peternakan Bina Mandiri Farm adalah peternakan tradional yang dimiliki keluarga di Kampung Gabus, Desa Cikasungka, Kecamata Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Peternakan yang dikelola oleh pemuda sederhana yang masih kuliah disamping sebagai seorang karyawan ini memiliki dua kandang kambing. Pemuda milenial ini bernama Wawan Setiawan yang memiliki obsesi untuk bisa berkontribusi dalam kemandirian pangan dan energi di negara tercinta ini.

     

    “Peternakan Kambing Bina Mandiri Farm sudah memiliki digester biogas.  Kotoran kambing tidak perlu dibuang, tetapi dimanfaatkan melalui biogas minimal sebagai kompor untuk memasak di dapur keperluan rumah tangga. Slurry (limbah digester) dapat digunakan sebagai pupuk tanaman. Wawan sudah memulai langkah dalam menggunakan pangan dan energi secara mandiri. Melalui biogas, dua bidang pertanian dan peternakan dikolaborasikan. Mari, kita harus mandiri pangan dan energi, seperti obsesinya,” tutur Rifky.


    Author

    admin adp