BLANTERORBITv102

    Gelar Kolaborasi Edukasi Mitigasi Bencana, FKIP Uhamka Ingatkan Warga akan Bahaya dan Risiko Gempa Bumi

    Sabtu, 30 September 2023

     


     Penadigital.id - Tim mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) berkolaborasi dengan TK Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur, menggelar edukasi mitigasi bencana gempa bumi yang diadakan pada Sabtu (30/9).

     

    Tim mahasiswa yang beranggotakan Shakira  Sanzivani, Annisa Tri Tamiyati, dan Zahrotun Nisa dari program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) FKIP Uhamka dan Muhammad Wira Al Hakim dari program studi Pendidikan Geografi Uhamka mendapatkan pendanaan hibah Program Kreativitas Mahasiswa Skema Pengabdian Masyarakat dari Simbelmawa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi dengan didampingi dosen Khusniyati Masykuroh dan Nelis Nazziatus Sadiyah Qosasyih.

     

    Para anggota tim pengabdian masyarakat sebelumnya adalah para relawan yang pernah terjun membantu masyarakan Cianjur pada saat terjadinya bencana gempa di akhir tahun 2022.

     

    Saepul Ulum selaku Ketua Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cianjur mengungkapkan rasa senang dan memberikan dukungan penuh kepada para mahasiswa Uhamka dalam melakukan pengabdian masyarakat di Cianjur, khususnya pada para guru di TK Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur.

     

    "Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam upaya meningkatkan kesadaran mitigasi bencana gempa bumi pada anak usia dini. Pelatihan diharapkan menjadi langkah awal untuk menciptakan sumberdaya manusia di lingkungan sekolah serta pada peserta didik agar lebih siap dan tangguh dalam menghadapi ancaman bencana," ungkap Saepul.

     

    Di lain pihak, Khusniyati Masykuroh selaku Sekretaris Program Studi PG PAUD FKIP Uhamka sekaligus dosen pendamping dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat (PM), dalam sambutannya menuturkan rasa terima kasih kepada mitra yaitu TK Islam Kreatif Muhammadiyah, Cianjur. Ia juga menjelaskan tujuan dalam kegiatan pelatihan mitigasi bencana gempa bumi ini sebagai bagian dari pencegahan dan kesiapan dalam menghadapi bencana yang tidak pernah dapat diprediksi.

     

    "Pelatihan edukasi mitigasi bencana gempa bumi ini adalah langkah proaktif yang diambil oleh Uhamka dan TK Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur untuk meningkatkan kesadaran guru dalam memberikan edukasi pada anak usia dini akan pentingnya persiapan dan tindakan mitigasi dalam menghadapi bencana gempa bumi. Gempa bumi adalah ancaman nyata yang dapat mengakibatkan kerugian besar, terutama pada anak-anak. Oleh karena itu, pelatihan ini tidak hanya mendidik peserta tentang langkah-langkah praktis untuk mengurangi risiko dan merespons gempa bumi, tetapi juga memberikan pengetahuan tentang cara melibatkan anak-anak dalam upaya mitigasi," tutur  Khusniyati.

     

    Peserta pelatihan ini terdiri dari guru, staf, dan tenaga pendidik dari TK Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur. Para peserta aktif mengikuti berbagai sesi dan demonstrasi yang dipandu oleh para ahli dalam bidang mitigasi bencana gempa bumi.

    Author

    Admin