BLANTERORBITv102

    Tim Pengmas FTII UHAMKA Maknai Peran Teknologi dalam Moderasi Islam melalui PKM

    Rabu, 23 Agustus 2023

      


    Penadigital.id
    Tim Pengmas Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan (LPPM) Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA (Uhamka) yang diketuaole Rahmi Imanda  selaku  dose FTII  Uhamka dengan  anggotArif Hamzah, Emilia Roza, Yos Novendri, sertIsa Faqihuddin Hanif selaku dosen FTII Uhamka, dengan  anggota dari mahasiswa FTII  yait Faiza Aulia Supriatna dan Muhammad Gabriel Somoal  dalaagend progra pengabdian masyarakat internal dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negri 1 Babelan Kabupaten Bekasi.

     

    Kegiatan Tim Pegabdian  masyaraka ini diorieintasika untuk  memberikan pendidikan dan  pemahaman kepada siswa siswi tentang pendidikan moderasi beragama melalui pemahaman teknologi elektronika

     

    Secara khusus tujuaPengmaadalah menjadikan peserta (siswa-siswi) mendapatkan pemahaman dan kepedulian siswa-siswi tentang moderasi beragama melalui pemahaman elektronika. Melalui pengabdian ini siswa-siswi diajarkan tentang bagaimana islam sangat erat kaitannya dengan pengetahuan khususnya adalah teknologi. Kegiatan ini dilakukan dalam 2 sesi.

     

    Kegiatan sesi pertama dilakukan di masjid SMK Negri 1 Babelan berupa pemaparan tentang pentingnya moderasi beragama dalam kehidupan bermasayarakat oleh Arif Hamzah. Dalam pemaparannya ia mengajarkan kepada siswa-siswi SMA Negri 1 bahwa dalam kehidupan ini kita itu punya 2 hubungan yaitu “Habluminallah dan Habluminannas”, yaitu hubungan kita dengan Allah S.W.T dan hubungan kita dengan manusia.

     

    “Hubungan kita dengan Allah dan hubungan kita dengan manusia haruslah seimbang. Beliau juga menjelaskan bahwa diantara masyarakat kita ada yang hubungan kedua ini tidak seimbang, yang mengakibatkan munculnya ujaran kebencian yang mengatasnamakan agama ataupun suatu kelompok,” ujarnya.


    Selanjutya pemberian materi diberikan oleh doen teknik elektro yaitu Emilia Roza tentang “Konsep Elektro dalam Perspektif Islam”.


    “Tidak ada satu ayat pun dalam Al Qur’an yang bertentangan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Beliau juga menjelaskan beberapa ayat al-qur’an yang berkaitan dengan ilmu elektronika,” pungkasnya.


    Kegiatan pengmas ini disambut baik oleh pihak SMK Negri 1 Babelan. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang hadir, sambutan hangat dari pihak sekolah dan antusias siswa-siswi SMK Negri 1 Babelan pada saat sesi tanya jawab diberikan.



    Author

    admin adp