BLANTERORBITv102

    Buka Peluang Sinergi di Bidang Pariwisata, Uhamka Sambut Baik Pertemuan bersama Menteri Kepariwisataan Uzbekistan

    Rabu, 09 Agustus 2023


    Penadigital.id 
    - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menjalin rencana kerja sama dengan Menteri Kepariwisataan Uzbekistan yang diselenggarakan di Ruang Command Center, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Kamis (9/8).

     

    Kegiatan ini turut dihadiri oleh Prof. Sudarnoto Abdul Hakim selaku Sekretaris Badan Pembina Harian (BPH), Ai Fatimah Nur Fuad selaku Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Uhamka, Muhib Rosyidi selaku Ketua Lembaga Pengkaji dan Penelitian Al-Islam Kemuhammadiyahan (LPP AIK) Uhamka, Pahman Habibi selaku Kepala Divisi Kerja sama Dalam Negeri dan Luar Negeri Unit Kerja Sama  Uhamka. Juga dari pihak Uzbekistan yaitu Akmal Radjabov selaku Kepala bagian Pariwisata dan Warisan Budaya, Kementerian Pariwisata Uzbekistan dan Umar Beikh Kepala Pers Kementerian Pariwisata.

     

    Prof. Sudarnoto selaku Sekretriat BPH Uhamka menyambut baik pihak kementrian Uzbekistan yang akan melakukan sinergi dengan Uhamka. Ia harap kerja sama ini bisa meluas ke berbagai bidang yang ada, terutama di bidang pendidikan dan pertukaran pelajar.

     

    “Saya berharap dapat menjalin hubungan kerja sama dengan Uzbekistan tidak hanya di bidang pariwisata, namun juga di pendidikan dalam program pertukaran pelajar. Kita akan membahasnya nanti di Webinar pada beberapa waktu kedepan.” Ujarnya.

     

    Di pihak lain, Ai Fatimah selaku Dekan FAI Uhamka memperkenalkan fakultas dan program studi yang ada di FAI Uhamka. Dia juga berharap bahwa mahasiswanya dapat mengikuti program pertukaran pelajar dengan Universitas Bukhara di Uzbekistan.

     

    “Di Fakultas Agama Islam Uhamka, kami memiliki beberapa program studi unggulan yang mencakup Perbankan Syariah, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam. Kami berharap dapat menjalin kerja sama dengan Uzbekistan terutama dengan Universitas Bukhara dalam program pertukaran pelajar berprestasi kedepannya.” Ujar Ai.

     

    Di akhir pertemuan, Akmal Radjabov selaku Menteri Pariwisata Uzbekistan berharap dapat menjalin kerja sama dengan Uhamka dalam pengenalan pendidikan berkemajuan juga dalam hal pariwisata di Indonesia maupun Uzbekistan. Ia juga menyampaikan bahwa ada beberapa perbedaan sistem pendidikan di Uzbekistan dan Indonesia terutama perihal sekolah umum dan agama. Maka pertemuan ini merupakan agenda yang baik dalam pengenalan sistem pendidikan di Indonesia serta bisa menjadi peluang sinergi baik untuk kedepannya.

    “Sistem pendidikan di Uzbekistan sedikit berbeda dengan di Indonesia, di Uzbekistan Sekolah hanya dibedakan jadi 2 yaitu Sekolah Umum dan Madrasah yang disini mungkin disebut sebagai Pesantren. Di Indonesia, Madrasah dan Pesantren disebut berbeda sehingga terdapat tiga sekolah yaitu Umum, Madrasah dan Pesantren. Di Uzbekistan juga untuk tahun ajaran baru dimulai pada bulan September sedangkan di Indonesia antara bulan Juli dan Agustus. Oleh karena itu saya berharap dengan Uhamka dapat menjalin kerja sama dengan kita, baik di pariwisata maupun pendidikan.” Ucapnya.



    Author

    admin adp