BLANTERORBITv102

    Penguatan Karakter Guru melalui Reaktulisasi Cerita Rakyat, Dosen Sekolah Pascasarjana Uhamka Berikan Pelatihan

    Senin, 10 Juli 2023

      


    Penadigital.id
    Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu Penguatan Karakter Guru melalui Reaktulisasi Cerita Rakyat di SD Muhammadiyah 1 Cisalak.

     

    Pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk tugas keprofesionalan catur dharma perguruan tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengedepankan totalitas dan integritas demi kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya bagi para guru sekolah dasar.

     

    Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diketua oleh Nini Ibrahim selaku dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Sps Uhamka dengan dibantu oleh dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Sps Uhamka lainnya yaitu Prof Prima Gusti Yanti dan Wini Tarmini sebagai anggota..

     

    Dalam sambutannya, Nini Ibrahim selaku ketua PKM mengungkapkan bahwa RPP Kurikulum Merdeka atau modeul ajar digunakan untuk mengarahkan kegiatan belajar mengajar dalam upaya mencapai Capaian Pembelajaran yang telah ditentukan sesuai dengan arah dan tujuan kurikulum Merdeka yang berlaku. Seorang guru perlu menguasai dan mampu menulis RPP Kurikulum Merdeka dengan baik agar pembelajaran lebih sistematis, memudahkan menyampaikan materi, memudahkan untuk dan menganalisis keberhasilan belajar siswa, serta dapat merancang sebuah metode pembelajaran yang disenangi siswa.

     

    “Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 10 (sepuluh) guru, kepala sekolah, 2 (dua) mahasiswa program doktor, dan operator sekolah. Terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu permintaan sekolah yang ingin mengembangkan wawasan dan pengetahuan, serta kreativitas guru-guru agar dapat menyesuaikan dengan kurikulum yang berkembang saat ini. Untuk itu, tim pengabdian masyarakat telah menyiapkan tips dan trik yang menarik dan mudah diterapkan bagi guru-guru dalam meningkatkan kreativitas dalam menulis RPP Kurikulum Merdeka melalui pelatihan. Harapannya, materi dan pelatihan yang telah diberikan dapat diterapkan dan mampu menghasilkan luaran berupa artikel yang dipublikasikan dalam jurnal terakreditasi nasional,” tutur Nini.


    Author

    admin adp