BLANTERORBITv102

    Muhib Rosyidi; Uhamka Miliki Tagline Integrity, Trust, dan Compassion untuk Merangkum Empat Sifat Nabi

    Sabtu, 10 Juni 2023


    Penadigital.id - Muhib Rosyidi selaku Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al Islam Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menjadi narasumber Teras TVMu di Channel TV Muhammadiyah. Kali ini Teras TVMu mengusung tema Esensi Profetik bagi Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah yang tayang di Channel TVMu, Sabtu (10/6).

     

    Pada kesempatan ini Muhib Rosyidi menjelaskan bahwa profetik memiliki banyak makna. Pertama dapat dimaknai sebagai prediksi masa depan dan disisi lain profetik dimaknai nubuwwah kenabian. Jelasnya nubuwwah Rasulullah SAW tidak diperintahkan hanya untuk generasinya melainkan  untuk masa depan. Hubungan Muhammadiyah dengan profetik ialah sebagai pengikut Rasulullah SAW maka harus memiliki konsep kenabian untuk masa depan. Muhib mengatakan hal ini sesuai dengan firman Allah Swt dalam surah Al-Jumu’ah ayat 2 pada perguruan tinggi tidak hanya berkonsep ta’lim belajar tetapi juga ada tilawah yang akan melahirkan soft skill dan tazkiyah yang konsepnya mensucikan.

     

    “Imam Ibnu Mubarak menggambarkan konsep belajar itu cuma satu pertiga ilmunya dan dua pertiganya belajar adab. Maka adab itu melahirkan rasa, akhlak dan soft skill untuk berbicara atau merespon sesuatu disitulah yang disebut profetik. Dan terkait tugas perguruan tinggi Muhammadiyah harus dikembalikan dalam urusan profetik, karena tugas utamanya adalah memfilter kompetensi. Karena universitas akan menciptakan orang-orang yang berkompeten dengan menanamkan intelektual bukan hanya industri,” tutur Muhib.

     

    Muhib juga menjelaskan proses penerapan profetik antar lintas sejarah  harus memahami ulama yang memproyeksi nabi. Hal ini karena nabi mempunyai banyak amanah di dalam quran, sehingga para ulama mengkategorikan empat sifat nabi yaitu shiddiq, amanah, fathonah dan tabligh. Kemudian dalam sejarah kampus yang produktif pada keislaman yaitu Madrasah An Nidzamiyah yang dipimpin oleh Imam Al Ghazali dan memberikan gambaran profetik yang jernih. Sehubung dengan hal tersebut, Muhib mengatakan bahwa jika kampus Muhammadiyah dikenal menerima mahasiswa beragam agama maka hal ini telah menerapkan visi profetik perguruan tinggi, karena menjadikan ilmu hal yang objektif dan universal.

     

    “Kemudian menghadirkan profetik dalam setiap aktivitas minimal ada tiga proses. Pertama  itu pembiasaan sehari-hari seperti saling sapa, kedua persoalan aturan dan yang ketiga ada kurikulum yang mendasar. Kalau di kampus Muhammadiyah kurikulumnya sudah ada integrasi kajian Islam. Di Uhamka memiliki tiga tagline integrity, trust dan compassion itu untuk merangkum empat sifat nabi dan diambil nilai utamanya. Dan tantangan yang harus dihadapi kedepannya adalah persoalan perkembangan teknologi,” tambah Muhib.


    Author

    Admin