BLANTERORBITv102

    Mulai Semangat Baru di Bulan Syawal, Uhamka Eratkan Sinergi dalam Bekerja

    Sabtu, 06 Mei 2023

     


    Penadigital.id
    - Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Sialturahmi Halal Bihalal dengan tema Silaturahmi untuk Meneguhkan Iman dan Meningkatkan Nalar Keberagaman di Aula Ahmad Dahlan lantai 6 Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka, Sabtu (6/4).

     

    Acara ini turut dihadiri oleh Prof Dadang Kahmad selaku Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Uhamka, Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Anisia Kumala Sari selaku Wakil Rektor I Uhamka, Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Prof Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka, Prof Achmad Jainuri selaku Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah sekaligus narasumber, jajaran Dekan Fakultas Uhamka, satuan lingkungan kerja Uhamka dan mahasiswa Uhamka.

     

    Prof Gunawan Suryoputro Rektor Uhamka mengungkapkan bahwa tema yang diusung pada kegiatan ini merupakan wujud dari keberagaman Uhamka yang dibangun dari adat, budaya, dan gagasan yang berbeda-beda. Dari keberagaman yang ada, Civitas Akademika dapat meningkatkan kinerjanya dalam beraktivitas di Uhamka.

     

    “Tema ini berangkat dari keberagaman yang ada di Uhamka. Kita tahu bahwa Civitas Akademika Uhamka berasal dari berbagai budaya, adat, dan gagasan yang membangun Uhamka sampai saat ini. Maka diharapkan perbedaan ini dapat menjadi inspirasi bagi Civitas Akademika untuk terus mengeratkan tali silaturahminya dengan meningkatkan kinerjanya selama di Uhamka,” ujar Prof Gunawan.

     

    Selain itu, di lain pihak Prof Dadang Kahmad Ketua BPH Uhamka menyampaikan bahwa Ramadan mengajarkan umat Islam untuk bersabar dalam meraih tujuan. Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan dan diakhiri dengan hari kemenangan atau hari raya Idulfitri. Hari Raya identik dengan hari kemenangan dan kebahagiaan umat Islam. Ini juga bermakan dalam kehidupana bahwa apa yang ingin kita gapai harus kita lalui dengan perjuangan dan kesabaran.

     

    "Bulan suci telah kita lalui dengan melakukan ibadah dan bertakwa kepada Allah SWT. Akhirnya kita bertemu dengan hari raya Idulfitri. Bagi umat Islam, hari raya merupakan hari kemenangan dan kebahagiaan dalam meraih amalan-amalan. Ini mengajarkan kita bahwa kemenangan akan kita raih dengan kesabaran, keikhlasan, dan perjuangan. Semoga bulan suci Ramadan menjadi berkah bagi kita semua," sampainya.

     

    Sementara itu, Prof Achmad Jainuri selaku Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah sekaligus narasumber dalam tausiahnya mengatakan bahwa pada bulan Syawal ribuan muslim saling meminta maaf dan mengkaui kesalahan yang pernah dilakukan. Ia mengatakan maknanya adalah setiap manusia tidak lepas dari kesalahan.

     

    “Sesungguhnya kesadaran itu harus mewarnai kehidupan kita. Untuk membentuk sifat diri seseorang dapat dipengaruhi dari berbagai aspek diantaranya lingkungan sosial. Jika lingkungannya bagus dan baik maka pribadi dirinya akan terbentuk bagus juga, sedangkan jika lingkungannya jelek maka itu akan turut memengaruhi pribadinya juga.


    Author

    admin adp