BLANTERORBITv102

    Pencegahan Kekerasan pada Anak Bisa Di Mulai Dari Orang Tua

    Selasa, 14 Maret 2023


    Penadigital.id
    - Prof Siti Musdah Mulia selaku aktivis perempuan berpendapat bahwa aksi kekerasan yang dilakukan anak dan remaja yang akhir-akhir ini sudah sangat meresahkan. Karena itulah peran perempuan menjadi sangat krusial dalam membentuk karakter dan pribadi anak yang toleran serta antikekerasan.


    "Sesuai dengan tema International Women's Day tahun 2023 ini, yaitu embrace equity (merangkul kesetaraan), perempuan harus sadar bagaimana mempraktikan keadilan khususnya keadilan gender. Jangan membiarkan ada perilaku diskriminatif, eksploitatif dan kekerasan sekecil apa pun untuk alasan apa pun. Kata kuncinya, speak up," Ujar Siti Musdah Mulia di Jakarta.


    Sepatutnya tanggung jawab melahirkan dan membentuk generasi yang berakhlak dan antikekerasan bukanlah tugas perempuan semata. Kaum laki-laki juga harus menjadi benteng dalam membangun karakter anak melalui pendidikan dalam rumah tangga.


     "Bukan hanya perempuan, laki-laki juga harus jadi benteng. Jadi diajarkan mulai dari keluarga, dari hal-hal yang kecil-kecil dan biasa dianggap cuma sepele, justru itu yang sepele itu berpengaruh dalam benak seseorang akhirnya menjadi sebuah karakter. Jadi kaca kuncinya itu adalah teladan," Jelas Profesor Riset bidang Lektur Keagamaan LIPI ini.


    Menurutnya, tidak bisa dipungkiri peran perempuan, khususnya ibu, selalu dianggap tokoh utama dalam pembentukan karakter anak dan disebut sebagai sekolah pertama (madrasatul ula) bagi anak. Namun, kerja sama orang tua dalam membentuk karakter anak merupakan bagian dari amanah Tuhan kepada umatnya.


     "Karena umumnya, apalagi anak-anak di masa golden age itu kan biasanya melekat pada ibunya, tapi tanggung jawab anak itu adalah tanggung jawab berdua. Inilah pentingnya kita memahami keluarga berencana sehingga betul-betul siap, bukan hanya fisik, tetapi mental, sosial, finansial, bahkan spiritual, itu tidak mudah memang karena anak itu amanah," Jelasnya.


    Ia mengemukakan banyak faktor yang dapat mempengaruhi lemahnya pendidikan karakter anak. Parenting yang baik dan benar adalah jalan keluar mencegah masuknya pengaruh budaya kekerasan di lingkungan anak dan remaja.


    "Ada banyak faktor, faktor dalam keluarga, internal dan external. Parenting itu penting, bagaimana mengajarkan anak kita untuk cerdas, menjadi bapak, menjadi ibu yang baik itu nggak taken for granted, tapi harus melalui sebuah pendidikan gitu loh," Jelasnya.


    Membangun serta mempromosikan perdamaian, dan pencegahan kekerasan juga memiliki tantangan tersendiri menurut wanita yang juga seorang aktivis antikekerasan ini. Ia berharap tantangan yang ada tidak menyurutkan usaha pemerintah untuk mewujudkan perdamaian di masyarakat.


     "Karena masyarakat kita nggak suka dengan perdamaian, sukanya kan konflik. Nah karena itu bagaimana kita membangun literasi, membangun peradaban. Jadi pemerintah juga nggak boleh takut terhadap kelompok-kelompok yang intoleran yang menghalang-halangi terwujudnya perdamaian dalam masyarakat," ujarnya.


     Pencegahan menjadi jalan terbaik dengan menyadarkan masyarakat pentingnya tidak takut terhadap perbedaan. Juga perlunya pendidikan perdamaian yang bisa di mulai dari lingkungan rumah tangga, sekolah hingga lingkungan masyarakat. Upaya pencegahan menjadi jauh lebih penting daripada mengadili atau menghakimi. Untuk itu, ia mendorong khususnya kaum perempuan agar selalu menyuarakan kebenaran dan berdamaian di seluruh lingkup kehidupan terutama dalam pendidikan anak.


     "Di momen Hari Perempuan Internasional, saya mengimbau sekali lagi kepada seluruh perempuan untuk meningkatkan literasinya dan untuk mengimplementasikan prinsip keadilan dan kesetaran gender dalam seluruh lapangan kehidupan," kata Prof Siti Musdah. 


    (Annisa Nurani/adp)


    Author

    admin adp