BLANTERORBITv102

    Dosen Pascasarjana Uhamka Lakukan Pembinaan Parenting di Sekolah TK Aisyiyah 92 Jakarta Pusat

    Kamis, 23 Maret 2023
    Dokumentasi Uhamka


    Jakarta--Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA memberikan workshop tentang Pola Asuh (parenting) yang dikhususkan pada ranah pengembangan kognitif, afektif dan psikomotorik serta tipe parenting yang perlu dikenali oleh orang tua dalam memberikan pengasuhan yang berkualitas.

    Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka. Pelaksanaan dilakukan pada tanggal 15 Maret 2023 di sekolah taman kanak kanak Aisyiyah 92 yang berlokasi di Jakarta Pusat. Pelaksanaan dilakukan di pagi hari agar semua orang tua diharapkan menghadiri kegiatan sambil mereka menunggu anak-anaknya belajar di sekolah.

    Menurut Somariah selaku Ketua TIM PKM menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai pola asuh yang berkualitas, karakteristik pola asuh secara umum dan secara Agama Islam dan tipe pola asuh serta dampaknya bagi perkembangan anak-anak.

    “Peran orang tua sangat penting dalam pengembangan anak-anak dan kualitas kehidupan mereka nantinya. Perlu adanya program parenting yang bersinergis antara para guru, sekolah, dan orang tua murid dalam menunjang pengembangan anak-anak dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik mereka.” Ujar Somariyah selaku Dosen Pascasarjana Uhamka.

    Kegiatan ini diikuti sebanyak 18 peserta orang tua murid perempuan dan empat guru perempuan. Selain workshop ini juga bertujuan untuk memperkenalkan pentingnya program parenting yang perlu ada di sekolah agar terjadi sinergi dan kerjasama yang baik antara orang tua dan para guru.