BLANTERORBITv102

    Bicara Terkait Pendidikan Anak-anak Korban Kebakaran Plumpang, Pemerintah: Pasti Segera Ditindaklanjuti

    Senin, 06 Maret 2023


    Penadigital.idMenteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan pemerintah menjamin pendidikan bagi anak-anak korban kebakaran Pertamina Plumpang di Jakarta Utara.

     

    "Pemerintah DKI pasti mengambil langkah-langkah terutama dinas pendidikan, pemerintah daerah lebih punya tanggung jawab. Pemerintah DKI jadi tanggung jawab, pasti segera ditindaklanjuti," ujar Muhadjir di lokasi pengungsian RPTRA Rasela, Koja, Jakarta Utara.

     

    Ia akan meminta bantuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar bagi anak-anak korban kebakaran tambang Pertamina. 

     

    "Nanti saya juga akan minta Kemendikbudristek untuk memberi bantuan pendidikan," kata Muhadjir.

     

    Ia juga memastikan kebutuhan dasar para pengungsi terpenuhi, termasuk penyembuhan dari trauma. 

     

    "Trauma healing juga sedang jalan," imbuhnya.

     

    Kebakaran terjadi di depo Pertamina Plumpang pada Jumat malam (3/3). Korban berjatuhan karena depo berada dekat dengan pemukiman warga.

     

    Menurut posko darurat Koramil di Rawasari Selatan, sebanyak 19 orang tewas dalam kebakaran itu. Sementara itu, sebanyak 1.085 orang mengungsi dan tersebar ke berbagai lokasi, seperti Kantor PMI Jakarta Utara hingga RPTRA Rasela, Rawabadak. 

    (Nanda/dyl)


    Author

    ADMIN DYL