BLANTERORBITv102

    BEM FKIP Uhamka Sukses Laksanakan Pengabdian Masyarakat Kampung Citugu

    Jumat, 24 Maret 2023

    Penadigital.id - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan pengabdian masyarakat di Kampung Citugu, Desa Puraseda, Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat. Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu program kerja dari BEM FKIP Uhamka pada bidang Sosial Pemberdayaan Masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 13 s.d 19 Maret 2023


    Partisipasi pengurus BEM FKIP Uhamka dan relawan dari mahasiswa aktif FKIP Uhamka dalam pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa serta membantu warga desa pada beberapa bidang sesuai dengan tema kegiatannya, yakni “Revitalisasi Pendidikan dan Lingkungan di Kampung Citugu Upaya Mengoptimalkan Kepedulian Sosial bagi Generasi Milenial dalam Pemberdayaan Masyarakat”.

     

    “Pengabdian ini menjadi suatu pengalaman yang cukup mendalam, dimana mahasiswa yang notabenenya hidup tentram dengan fasilitas kehidupan yang mencukupi, sementara sekarang dengan keterbatasan yang ada, kita bisa sedikitnya membantu masyarakat Citugu,” tutur Sabiq Ahsan Ketua Umum BEM FKIP Uhamka periode 2022-2023.

     

    Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dibagi dalam beberapa bidang meliputi bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang ekonomi, dan bidang kebencanaan. Pada bidang pendidikan diadakan pengajaran bagi murid PAUD, SD, SMP dan TPA serta adanya pembekalan Kurikulum Merdeka bagi guru-guru di desa tersebut. Kegiatan ini diapresiasi oleh warga, murid, dan guru yang merasa sangat terbantu, khususnya orang tua murid yang dapat melihat anaknya menjadi lebih termotivasi dan semangat bersekolah.

     

    “Terima kasih sudah membuat momen-momen berharga kepada anak-anak SD dan SMP. Terima kasih pula telah memberikan motivasi kepada anak-anak, semoga pengalaman mengajar yang sudah diberikan menjadi bekal mahasiswa untuk kedepannya,” ujar Mien Rosmini guru SDN Desa Riung Gunung 02.


    Pada bidang kesehatan diselenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat dan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia. Selanjutnya pada bidang ekonomi diadakan sosialisasi bank sampah yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai jual sampah. Kegiatan lainnya seperti Pembersihan curug, pembuatan video promosi wisata curug, renovasi sekolah, pembangunan gapura desa, dan pembuatan jalan menuju MCK dengan bergotong royong bersama masyarakat sekitar.

     

    Pada bidang kebencanaan diselenggarakan workshop Kebencanaan yang bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bogor. Selain pada bidang tersebut, BEM FKIP Uhamka memberikan santunan kepada anak yatim dan mengadakan pentas seni.

     

    “Saya mewakili Kampung Puraseda, berterima kasih. Semoga wawasan masyarakat semakin berkembang dan semoga pengabdian masyarakat ini menjadi pembelajaran teman-teman mahasiswa dalam beradaptasi dan berinteraksi,” ungkap Ikra selaku perwakilan warga ketika penutupan kegiatan.

     

    Meski banyak rintangan yang menjadi kendala seperti medan terjal dan susah sinyal, kendala ini tidak menyurutkan semangat dan antusias mahasiswa untuk mengabdikan diri dalam pengabdian masyarakat ini.

     

    “Walau demikian, tidak melunturkan tekad kami untuk membantu masyarakat. Komitmen dan kepercayaan menyertai kami untuk menyukseskan kegiatan pemberdayaan masyarakat, doa juga menjadi penguat kami bersama,” pungkas Fathan Bukhari ketua pelaksana Pengabdian Masyarakat. 

    (Anisa Sania Nabila/dyl)


    Author

    ADMIN DYL