BLANTERORBITv102

    LPT-PBNU Agendakan Gelar Rakernas di Medan guna Memperluas Kekuatan Pendidikan di Indonesia

    Selasa, 21 Februari 2023


    Penadigital.id - Lembaga Pendidikan Tinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPT-PBNU) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 8 Maret 2023 di Medan. Wakil Presiden, Menlis Tedicti, Menteri Agamadan banyak tokoh nasional diharapkan ikut serta dalam rangkaian kegiatan tersebut.

     

    Muryanto Amin selaku Ketua Komisi Rakernas menyampaikan bahwa persiapan sudah hampir selesai. Tokoh-tokoh nasional seperti Ma’ruf Amin selaku Wakil Presiden, Nadiem Makarim selaku Mendikbud, Yakut Choril Koumas selaku Menteri Agamadan Yahya Choril Stakf selaku Presiden PBNU akan hadir sebagai pembicara dalam seminar nasional tersebut.

     

    Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) bertema Merawat Jagat, Membangun Peradaban dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang akan fokus pada kurikulum Ahlussunah Wal Jamaah dan fasilitasi keagamaan, tata kelola universitas, fokus pengembangan penelitian dan teknologi, nasional dan global membahas berbagai topik, termasuk jaringan ekspansi.

     

    “Persiapannya sudah mencapai 70 persen,” ujar Muryanto Amin yang juga menjabat sebagai Rektor USU saat diwawancarai di Rumah Dinas Wagubsu, Senin (20/2).

     

    Dalam hal ini, Mury menjelaskan bahwa kota Sumut dipilih karena PBNU menginginkan agar kekuatan pendidikannya tidak terpusat di Pulau Jawa saja.

     

    “Sumut ini dipilih sebagai tuan rumah, pertimbangannnya mau memperlebar kekuatan pendidikan bukan hanya fokus di Jawa tapi juga di pulau-pulau lain di luar Jawa diantaranya Sumatera Utara,” ujar Mury yang didampingi Muhammad Arifin Nasution selaku Ketua Panitia Rakernas, Ibnu Affan selaku Wakil Ketua PWNU Sumutdan Zulkifli Sitorus selaku Sekretaris PWNU.

     

    Sementara itu, Musa Rajekshah selaku Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) memberikan respon positif pada gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Pendidikan Tinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPT-PBNU) tersebut.

     

    Menurut Wagub, dinamika ini juga terbawa ke Sumut, khususnya tuan rumah Kota Medan yang menampung seluruh peserta dari berbagai penjuru Indonesia.

     

    “Kita bersyukur yah karena tuan rumahnya Sumatera Utara, tepatnya di Kota Medan artinya akan banyak yang akan datang kemari. Secara pemerintahan acara ini membantu mengenalkan Sumatera Utara, Kota Medan dengan segala potensinya,” ujar Musa selaku Wagub Sumut.

     

    Selain menampilkan Sumut, Musa mengatakan bahwa acara ini diisi dengan kegiatan pendidikan dan seminar nasional yang membahas topik hangat di dunia pendidikan dengan narasumber yang luar biasa sehingga mengedepankan Sumber Daya Manusia (SDM). Musa percaya bahwa ini akan berdampak pada pertumbuhan.

     

    “Mudah-mudahan ini jadi hal yang baik, meningkatkan kemampuan SDM masyarakat khususnya di Sumatera Utara,”tutup Musa.

     

    (Umar Syaid/SAN)


    Author

    Admin