BLANTERORBITv102

    FKIP Uhamka Gelar Yudisium UKM PPG Periode IV, Hasilkan Pendidik yang Milenial dan Intelektual

    Sabtu, 04 Februari 2023

     


    Penadigital.id - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Yudisium UKM Pendidikan Profesi Guru (PPG) Periode IV secara langsung di Aula Ahmad Dahlan Lantai 6 FKIP Uhamka dan melalui akun Youtube PPG Uhamka Official, Sabtu (4/2).

     

    Acara Yudisium ini turut dihadiri langsung oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Khairil Iba selaku Koordinator PPG FKIP Uhamka, Desvian Bandarsyah selaku Dekan FKIP Uhamka, Agus Ramdani selaku Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Neneng Heryati selaku Sub Koordinatpr PPG Dalam Jabatan Kemendikbud Ristek, Temu Ismail selaku Direktur PPG Kemdikbud Ristek RI Dirjen GTK, Sri Astuti selaku Wakil Dekan I, Samsul Maarif selaku Wakil Dekan II, Harinaredi selaku Wakil Dekan III, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Dekan IV FKIP Uhamka, serta stakeholder Uhamka.

     

    Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka mengungkapkan bahwa Uhamka berdiri dari cikal bakalnya sebagai perguruan tinggi pendidikan. Sejak saat itu pula, Kementerian Pendidikan telah memercayakan Uhamka sebagai tonggak pendiri guru.  Selain itu, sarana prasarana FKIP Uhamka diciptakan untuk melatih guru yang milenial dan intelektual dalam bidang digital.

     

    “Sejak tahun 1997, cikal bakal Uhamka bermula dari perguruan tinggi pendidikan. Sejak saat itu PPG Uhamka telah meraih kepercayaan dari pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan. Jadi untuk lulusan keguruan, Uhamka tidak perlu diragukan. Selain itu, Sarana prasarana kita, khususnya FKIP Uhamka telah dibentuk untuk melatih guru yang milenial dan intelektual dalam bidang digital,” ujar Prof Gunawan.

     

    Desvian Bandarsyah selaku Dekan FKIP Uhamka mengatakan bahwa Yudisium Lulusan PPG FKIP Uhamka Tahun 2022 ini merupakan fase akhir dari perjuangan para calon pendidik selama ini sehingga ia mengucapkan selamat datang kepada para peserta PPG di FKIP Uhamka dan selamat atas raihan yang telah dicapainya.

     

    “Saya, dalam kesempatan ini mengucapkan selamat atas raihan tersebut dan selamat datang di FKIP Uhamka,” ujar Desvian.

     

    Dalam hal ini, Desvian mengatakan bahwa FKIP Uhamka merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang memiliki pengaruh dan kontribusi terhadap PPG FKIP dan pendidikan S1 Uhamka.

     

    “Sebagaimana yang disebutkan tadi bahwa FKIP Uhamka sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang memiliki pengaruh dan kontribusi terhadap PPG FKIP dan pendidikan S1,” tambah Desvian.

     

    Selain itu, Desvian menyampaikan pihaknya berjanji bahwa apa yang diberikan kepada para peserta PPG Uhamka dalam kurun waktu 2-3 bulan ke belakang merupakan hal sama yang akan diberikan pula kepada mahasiswa dan calon mahasiswa FKIP Uhamka.


    Dilain pihak, Chairil Iba selaku Koordinator Pendidikan Profesi Guru FKIP Uhamka menyampaikan bahwa presentase kelulusan dengan total kelulusan berjumlah 626 mahasiswa, yang terdiri dari Bidang Studi pendidikan Bahasa Indonesia, Bidang Studi Bahasa Inggris, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Fisika, PG PAUD, PGSD, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Sejarah.

     

    “Alhamdulillah PPG Uhamka telah meluluskan 626 mahasiswa yang berasal dari Bidang Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Bidang Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Fisika, PG PAUD, PGSD, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Sejarah,” tutur Chairil Iba.

     

    Selanjutnya, Agus Ramdani selaku Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengungkapkan peran guru adalah mengajar dan membimbing siswa untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi secara akademik, selain itu guru juga yang mengajarkan budi pekerti dan ahlak yang baik. Hal itulah nilai pengajaran yang tidak dapat diganti oleh teknologi lain. Maka guru yang telah lulus dalam PPG ini menjadi harapan bangsa, dimana guru mampu menciptakan pembelajaran yang memiliki makna dan menyenangkan.

     

    “Alhamdulillah, guru-guru PPG Uhamka telah melalui berbagai proses hingga meraih capaian ini. Perlu diingat bahwa guru tidak hanya mengajar siswa untuk mengembangkan kemampuan intelektualnya, tapi juga menanamkan ahlak dan budi pekerti yang baik kepada peserta didik. Nilai itu tidak dapat digantikan oleh teknologi manapun,” katanya.

     

    Neneng Haryati Selaku Sub Koordinatorr PPG dalam Jabatan Kementerian Pendidikan Riset dan Kebudayaan (Kemendibud Ristek) menyampaikan bahwa “Pelaksanaan PPG baik dalam jabatan maupun pra jabatan, tidak terlepas dari kerjasama kementerian lembaga lain, Kementerian Keuangan, Bappenas, Dinas Pendidikan Provinsi, Yayasan Pendidikan, LPTK-LPTK, dan satuan pusat lainnya di Kemendikbud Ristek. Saat ini anda termasuk 1,3 juta lebih guru yang telah bersertifikasi. Mudah-mudahan nantinya anda mendapat tunjangan profesi,” sampainya. 

     

    Livelina Apelena Sinery selaku lulusan PPG FKIP Uhamka berharap melalui PPG ini dapat menjadi tempat bagi seluruh pendidik untuk mengasah dan meningkatkan potensi, kreasi, serta inovasi dalam menghadapi tantangan kemajuan teknologi saat ini.

     

    “Kami berharap PPG ini dapat menjadi tempat bagi seluruh pendidik untuk mengasah dan meningkatkan potensi, kreasi, serta inovasi dalam menghadapi tantangan kemajuan teknologi saat ini,” ucap Livelina dalam penyampaian sebagai perwakilan lulusan PPG.

     

    Oleh karena itu, Livelina juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Uhamka, Kemdikbud Ristek RI, dosen pembimbing, serta guru pamong yang telah menerima para peserta PPG FKIP Uhamka ini menjadi bagian dari keluarga Uhamka.

     

    “Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Uhamka, Kemdikbud Ristek RI, dosen pembimbing, serta guru pamong yang telah menerima kami sebagai bagian dari keluarga di kampus ini,” tutup Livelina.

     


    Author

    Admin