BLANTERORBITv102

    Pegiat Pendidikan Islam: Pentingnya Mengawasi Jejak Digital Anak

    Selasa, 17 Januari 2023



    Penadigital.idOrang tua dianjurkan untuk sering teribat langsung dalam mengawasi dan mendidik anak melalui jejak digital di akun media sosialnya dan apa saja yang mereka perbuat melalui fasilitas ponsel yang mereka gunakan.

     

    “Tentunya ini dilakukan dengan kasih sayang, kearifan, dan senyuman,” ujar Shobahussurur Syamsi selaku pegiat pendidikan Islam. Rabu (11/1).

     

    Jika menemukan sesuatu yang janggal, tidak ideal, maka orang tua harus memberikan peringatan kepada anak. Ayah atau bunda bisa menegur mereka dengan kasih sayang. Jelaskan mengapa hal itu kurang atau tidak tepat, bahkan salah. Bahwa konten tersebut terlarang. 

     

    Selain penggunaan internet, anak juga harus diarahkan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Mereka membangun pergaulan, membangun nilai kebersamaan, nilai kehidupan bersama kawan-kawannya. Juga dengan melibatkan berbagai pihak yang ada di sekitar lingkungan.

     

    Shobahussurur menyayangkan adanya kasus anak belasan tahun diduga terlibat dalam kasus pembunuhan. Korbannya adalah juga anak. “Ini merupakan keprihatinan yang sangat besar bagi bangsa kita. Ini menjadi pertanda bahwa semua unsur, orang tua, guru, tokoh lingkungan, dan juga negara, harus lebih intensif lagi mengurus anak –anak yang kelak menjadi penerus keberlangsungan bangsa,” ujar pengurus Yayasan Al Azhar tersebut.

     

    Sebelumnya, dua orang di bawah umur di Sulawesi Selatan diduga membunuh anak berusia 11 tahun. Kejahatan itu diduga dilatarbelakangi motivasi ekonomi.

    DYL_RPH


    Author

    ADMIN DYL