BLANTERORBITv102

    ULM sebagai Kampus Inklusi yang Siap dan Hadirkan Fasilitas Pendidikan untuk 44 Mahasiswa Disabilitas

    Selasa, 06 Desember 2022


    Penadigital.id
    - Prof Ahmad Alim Bachri selaku Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengatakan bahwa pihaknya benar-benar mewujudkan komitmen dalam menjadikan ULM kampus inklusi yang saat ini miliki 44 mahasiswa disabilitas.

     

    "Kami menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam mendukung penyandang disabilitas sebagai bentuk komitmen dalam memberikan yang terbaik bagi peserta didik berkebutuhan khusus," ujarnya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin.

     

    Menurutnya, para penyandang disabilitas merupakan elemen bangsa yang harus dilindungi haknya, termasuk di sektor layanan pendidikan yang tentunya berguna dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia secara keseluruhan tanpa terkecuali.

     

    Oleh karena itu, ULM sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terakreditasiA yang berkomitmen memfasilitasi dengan baik kelompok difabel untuk turut mendapatkan hak ilmu di perguruan tinggi.

     

    Dengan demikian, perilaku ramah terhadap mereka yang berkebutuhan khusus sudah dimulai sejak ULM melakukan proses seleksi calon mahasiswa baru di semua jalur penerimaan.

     

    Selain itu, melalui adanya Unit Layanan Difabel (ULD), mahasiswa berkebutuhan khusus ini merasa nyaman selama belajar di ULM dengan mendapatkan pendampingan para volunteer (sukarelawan) dalam melayani mahasiswa disabilitas dengan baik dan benar.

     

    "Pada wisuda ke-106 pertengahan tahun ini, ULM meluluskan lima mahasiswa disabilitas yang memiliki keterbatasan pendengaran alias tunarungu," jelasnya.

     

    Dipihak lain, Prof Amka selaku Guru Besar Manajemen Pendidikan Khusus ULM mengatakan bahwa ULM selain memberikan layanan terbaik bagi mahasiswa yang disabilitas, ULM juga terus berupaya dalam mencetak lebih banyak lagi sumber daya guru dalam mendukung kegiatan pendidikan inklusi di Kalimantan Selatan (Kalsel).

     

    "ULM punya Program Studi S1 Pendidikan Khusus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang setiap tahunnya meluluskan sarjana dengan kompetensi dan keterampilan sebagai guru bagi siswa disabilitas," ungkapnya.


    ADP/SAN


    Author

    admin adp