BLANTERORBITv102

    Tuntaskan Revolusi Pendidikan Wali Kota Makassar Kumpulkan Tokoh Pendidikan

    Senin, 26 Desember 2022


    Penadigital.id - Moh Ramdhan Danny Pomanto selaku Walikota Makassar mempertemukan puluhan tokoh pendidikan dan ratusan guru di Makassar untuk menuntaskan program revolusi pendidikan Pemerintah Kota Makassar.

    Dengan sisa masa jabatan satu tahun, Danny pun mengerahkan seluruh sektor pendidik untuk menuntaskan program prioritasnya berupa kegiatan di Forum Sigunakange Tokoh Pendidikan se-Makassar dengan tema “Revolusi Pendidikan, Semuanya Harus Sekolah” di Hotel Four Points, Rabu (21/12).


    “Forum ini merupakan forum yang kekuatannya adalah forum sikap, forum untuk mengingat, untuk saling peduli, untuk saling menghargai dan berbagi tentang pendidikan, untuk peduli tentang pendidikan” , kata Pak Danny.


    Dari situ, ia ingin mencari jawaban dari pemangku kepentingan dan pakar untuk menyempurnakan programnya. Alasannya, untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, harus melalui pendidikan.


    “Kami menanamkan hal-hal yang membuat semua indra anak dapat berfungsi dan dilatih. Tidak hanya melatih otak, tapi juga pendidikan moral. Tidak hanya pendidikan moral tetapi juga pendidikan komunikasi sosial. pergaulan anak-anak,” ujarnya.


    Termasuk, membuat sekolah tertutup yang memiliki beberapa tingkatan.


    “Universitas melakukan SD, SD melakukan SMP. Roknya dikurangi tetapi pendidikannya selesai. Saya tidak ingin meninggalkan warisan yang lemah. Saya tidak bermain-main dengan pendidikan," katanya.


    Danny mengatakan, beberapa kesimpulan yang didapatnya saat sharing session adalah bahwa bentuk pendidikan yang diberikan adalah mengejar ilmu, bukan gelar. Juga, ajarkan kejujuran dengan etika. Dia menyimpulkan “Kunci etika adalah kejujuran.”


    Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Muhyiddin mengatakan, untuk menuntaskan program revolusi pendidikan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah poin penting dalam proses pelaksanaannya.


    Seperti penerapan konsep hybrid education, kelas luar sekolah, zona sekolah terpadu, penguatan muatan lokal, dan daya serap luas oleh anak putus sekolah.


    Karenanya, tahun depan Disdik akan mulai mengajak seluruh elemen pendidik untuk mengadopsi secara radikal.


    Muhyiddin berkata: “Jika kita menjadwalkan semua orang untuk pergi ke sekolah dan 18 rotasi, maka pendidikan kita akan unggul. Diketahui 18 bentuk Revolusi Pendidikan meliputi; Semua anak harus sekolah, semua adiwiyata, semua tidak punya keinginan dan belajar selama sembilan tahun.


    Lalu ada sekolah 100 bintang, satu sekolah, satu perpustakaan pintar, satu sekolah, dua guru inovatif, satu sekolah, lima siswa super, satu sekolah, dua ruang kelas pintar, satu sekolah, satu inovasi super, satu sekolah, lima kelompok debat, satu anak, satu tari, satu anak, satu bakat, satu anak olah raga, satu anak tiga pohon, satu festival bakat, olimpiade sekolah dan turnamen debat.

    DYL_RPH


    Author

    ADMIN DYL