BLANTERORBITv102

    Majukan Pendidikan di Indonesia melalui Program MBKM

    Kamis, 01 Desember 2022


    Penadigital.id
    - Retno Agustina Ekaputri selaku Rektor Universitas Negeri Bengkulu (Unib) mengatakan bahwa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sangat baik untuk mendukung kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.

     

    Dalam hal ini, MBKM memiliki peran dalam membuat mahasiswa berkesempatan memasuki dunia kerja sebelum lulus kuliah serta mengembangkan bakat dan melatih kemampuan di luar keahlian program studi yang dijalani.

     

    "Sebagai contoh, mahasiswa akuntansi Unib dapat magang sebagai junior consultant di salah satu perusahaan konsultan keuangan. Kemudian di semester selanjutnya, ia melanjutkan magang lagi di BPJS Kesehatan, serta banyak lagi praktik baiknya," ujar Retno di Bengkulu, Rabu.

     

    Ia menambahkan, sertifikat dan pengalaman kerja yang didapatkan mahasiswa tentu sangat membantu mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka impikan di kemudian hari.

     

    Oleh karena itu, mahasiswa dan pihak kampus sangat antusias dengan adanya program-program MBKM ini.

     

    Disisi lain, Kemendikbudristek telah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020. Berdasarkan kebijakan tersebut, mahasiswa memiliki hak belajar di luar kampus sebanyak 20 SKS dan dapat diperpanjang sampai 40 SKS, serta hak belajar lainnya di luar program studi.

     

    Dengan demikian, Unib menerbitkan Peraturan Rektor Nomor 25 tentang Peraturan Akademik yang di dalamnya terdapat beberapa pasal yang mengatur pelaksanaan hak belajar tersebut.


    ADP/SAN


    Author

    admin adp