BLANTERORBITv102

    Bertema Edu-Wisata, Dosen FEB Uhamka Lakukan Pengabdian Masyarakat di Pulau Buton

    Senin, 14 November 2022












    Buton ---- Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Arif Widodo Nugroho melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pelatihan Edu-wisata Pulau Buton”. Pelatihan diselenggarakan selama satu bulan mulai dari 7 Agustus 2022 hingga 7 September 2022 di Desa Bola, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan. Pelaksanaan program Pengabdian kepada masyarakat ini juga dibantu oleh tim mahasiswa FEB UHAMKA yaiyu Jetki sebagai bagian dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Anak Bangsa.

    Desa Bola khususnya dan Kecamatan Buton selatan pada umumnya, memiliki potensi pariwisata yang besar karena keindahan alam dan keragaman budaya masyarakatnya. Dengan letak yang strategis dan menjadi tujuan wisata, Kabupaten Buton Selatan masih rendah dalam hal Indeks Pembangunan Manusia. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Arif Widodo Nugroho, bertujuan untuk mengembangkan pariwisata di Kabupaten Buton Selatan melalui kolaborasi dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat di bangku perkulian untuk di terapkan dalam kehidupan nyata.

    Arif Widodo Nugroho mengungkapkan bahwasanya masih banyak Masyarakat Pulau Buton, terutama warga Desa Bola terkait pemahaman untuk meningkatkan potensi daerah wisata yang ada. Sehingga, perlu dilakukan pelatihan Edu-Wisata untuk warga Desa Bola guna meningkatkan potensi daerah wisata sekitar.

    Berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim pengabdian kepada masyarakat UHAMKA dalam mengembangkankan edu-wisata Desa Bola antara lain, pelatihan public speaking bagi siswa MTS, program peningkatan litetasi anak-anak, gebyar perlombaan dalam merayakan HUT kemerdekaan Indonesia, pelatihan Digital Marketing, serta pemasangan plang mengenai fakta menarik tentang pantai jodoh sebagi sarana edukasi turis yang datang. Warga Desa Bola sangat antusias berpartisipasi dalam berbagai program kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan. Pemenrintah Desa Bola ikut membantu Tim Pengabdian Kepada Masyarakat UHAMKA sehingga seluruh program berjalan dengan lancar.