BLANTERORBITv102

    Penguatan Pendidikan Vokasi Penting Untuk Wujudkan SDM Unggul Berdaya Saing

    Jumat, 21 Oktober 2022


    Penadigital.id - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menegaskan untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing. Penting sekali penguatan pada  pendidikan vokasi

     

    "SDM yang unggul, produktif, dan berdaya saing dapat diwujudkan melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan vokasi," ujar Aris Darmansyah Edisaputra selaku Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, di Jakarta, Selasa (18/10).

     

    Aris Darmansyah menjelaskan, tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi untuk mendorong terciptanya SDM unggul yang tertuang dalam Perpres Nomor 68 Tahun 2022. Pemerintah terus berupaya memperkuat pendidikan vokasi dengan melakukan revitalisasi. Mengingat Indonesia akan mencapai bonus demografi yang perlu dimanfaatkan dengan baik.

     

    Dirinya mengungkapkan, revitalisasi tersebut mencakup sejumlah aksi yang dijabarkan dalam strategi nasional pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi.

     

    "Strategi ini mendorong peran dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja atau DUDIKA di dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi," katanya.

     

    Aris menambahkan bahwa revitalisasi bertujuan untuk menjamin lulusan pendidikan vokasi itu memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan DUDIKA.

    DYL_RPH


    Author

    ADMIN DYL