BLANTERORBITv102

    Puluhan Siswa dari Lima Provinsi Ikuti Sukabumi Robotic Competition

    Rabu, 24 Agustus 2022


    Penadigital.idPuluhan pelajar dimulai dari jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dari lima provinsi mengikuti Sukabumi Robotic Competition (SRC) jenjang nasional yang diadakan Sukarobot didorong oleh Universitas Nusa Putra Sukabumi, Pemerintah Kota (Pemkot) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, Jawa Barat.


    "Terdapat enam cabang lomba dalam kompetisi jenjang nasional tersebut, yaitu lomba Lego, Fast Building, Lego Wedo, Robot Soccer, Line Follower, Creative Junior, dan Creative Senior," ujar Dian Wahyu Puspitasari selaku Ketua Pelaksana SRC.


    Menurutnya, tujuan diadakannya kejuaraan ini selain dalam rangka Anniversary Sukarobot dan menghadirkan dunia robotik di Sukabumi juga guna memperlihatkan bahwa Sukabumi pun mempunyai komunitas robotik seperti di kota besar lainnya.


    Namun, tujuan utama dari kegiatan itu guna meningkatkan kreativitas, inovasi, dan melatih saraf motorik anak supaya berkembang sehingga senantiasa memiliki ide dan berimajinasi dalam melahirkan ide terkait dunia robotik serta diharapkan hasil kreasi anak itu mendapatkan dukungan dari seluruh pihak.


    Ia menambahkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kini yang pesat perlu mendapatkan perhatian dari seluruh pihak. Oleh sebab itu, penting untuk mengenalkan teknologi robot supaya membuka wawasan generasi muda sejak dini.


    "Diharapkan generasi muda kini bisa mengikuti perkembangan teknologi robotika, sehingga harapan orang tua menjadikan anak yang 'smart', kreatif, inovatif, dan imajinatif mempunyai logika berpikir yang baik serta bisa memecahkan masalah secara mandiri maupun tim," tandasnya.\

    DYL_IST

    Author

    ADMIN DYL