BLANTERORBITv102

    Wabup Bima: Tanamkan Pendidikan Karakter sejak Dini

    Rabu, 13 April 2022




    Penadigital.id - Drs Dahlan M. Noer, M. Pd selaku Wakil Bupati (Wabup) Bima, mengimbau pendidikan karakter harus ditanamkan orang tua ke anak sejak dini. Mengingat, banyaknya tindakan kriminal seperti pemanah didominasikan oleh anak dibawah umur atau pada usia pelajar yang diproses Aparat Penegak Hukum (APH).

    “Pelaku pemanah yang diamankan oleh APH di Bima, rata-rata usia pelajar atau dibawah umur. Artinya peran orang tua masih kurang mengontrol aktivitas anak-anak,” katanya, Rabu (13/4).

    Menurutnya, serasa tidak ada orang tua yang mengontrol kegiatan dan aktivitas anak usia pelajar belakangan ini. Anak dibebaskan keluar rumah hingga larut malam dan bergaul dengan siapa saja.

    “Saat pelaku kriminal (anak usia pelajar) diamankan polisi, orang tua kadang kaget dan histeris bahkan rentan salahkan orang lain ini terjadi karena tidak ditanamkan karakter terhadap anak,” katanya

    Wabup menyampaikan, terbentuknya karakter dalam diri seorang anak tidak hanya dari guru tetapi juga didikan dari orang tua di rumahnya masing-masing.

    “Oleh karena itu, sangatlah penting kolaborasi yang baik antara guru dan orang tua untuk membentuk karakter anak didik,” katanya.

    Baginya, kolaborasi guru dan orang tua dalam membentuk karakter anak itu sangat penting. Karena guru dan orang tua sama-sama bertanggung jawab untuk mendidik anak.

    “Orang tua bertanggung jawab mendidik anak-anaknya di rumah, sedangkan guru bertanggung jawab untuk mendidik di sekolah,” pungkasnya.


    (DYL)


    Author

    ADMIN DYL