BLANTERORBITv102

    Tekankan Pendidikan Karakter pada Siswa

    Rabu, 20 April 2022


    Penadigital.id Bidang pendidikan dasar menekankan pendidikan karakter dalam kegiatan intra mapun ekstrakulikuler kepada SD dan SMP. Karena, Dinas Pendidikan perhatian pada aspek pendidikan karakter dalam sistem pendidikan.

    “Saya yakin dengan menerapkan pendidikan karakter, SD dan SMP bisa lebih maju. Pendidikan karakter diyakini dapat membentuk pribadi menjadi manusia sesungguhnya karena menekankan pembelajaran pada nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan, kegigihan, peduli, tanggung jawab, rasa percaya diri, dan optimisme,’’ ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten, Ardi Sepdianto.

    Menurut Ardi, pendidikan karakter bukan hanya mutlak di sekolah, tapi juga di rumah dan di lingkungan sosial. Saat ini, pemerintah memiliki perhatian khusus pada pendidikan khususnya pendidikan karakter.

    Oleh sebab itu, Dinas Pendidikan terus menerapkan pendidikan karakter di sekolah melalui kegiatan belajar di kelas secara interaktif, mata pelajaran muatan lokal, dan kulikuler seperti Pramuka dan Paskibra.

    Inilah bentuk usaha dari Dinas Pendidikan untuk menumbuhkan mental siswa sejak dini.

    ’’Ada empat nilai yang diarahkan dalam upaya menerapkan pendidikan karakter yakni kecerdasan, kejujuran, tanggung jawab, dan peduli,’’ katanya.

    Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas pendidikan Kabupaten Mojokerto, Mujiati mengatakan sebagai ini adalah bentuk pengembangan budaya dan nilai karakter bangsa yang dimuat dalam pembelajaran, budaya sekolah, dan pengembangan diri. Yang harus dikembangkan oleh satuan pendidikan pada peserta didik di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar.


    Author

    ADMIN DYL