BLANTERORBITv102

    Tuntutan Pembelajaran Daring; Fakultas Teknik Uhamka Laksanakan Pengabdian Masyarakat di SMA Muhammadiyah 5 Jakarta

    Senin, 20 Desember 2021


    Penadigital.id
    - Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bekerjasama dengan LPPM Uhamka dan dilakukan secara daring dengan menggunakan platform Zoom Meeting, serta perangkat lunak Open Broadcast Software (OBS), Microsoft PowerPoint pada Sabtu (18/12).


    Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertema Pelatihan Pemanfaatan Teknologi TIK didalam Pembuatan Video Pembelajaran dan Materi Presentasi yang Interaktif untuk Guru SMA Muhammadiyah Jakarta. Peserta dari kegiatan ini adalah guru-guru dari sekolah Muhammadiyah Jakarta.


    Tim pengabdian masyarakat, terdiri dari kolaborasi dosen dan mahasiswa, yaitu dosen dari Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA yang terdiri dari Firman Noor Hasan, Arafat Febriandirza, Yos Novendri dan Muchammad Sholeh. Sedangkan mahasiswa yang dilibatkan yaitu Thoriq Akbar Nafis, Azhar Haikal Anwar dan Farhan Ramadhan. 


    Selama masa pandemi Covid-19, pemerintah memberlakukan WFH (Work From Home), LFH (Learn From Home), PFH (Pray From Home) sehingga membawa dampak perubahan terhadap perilaku manusia baik itu dari segi ekonomi, kualitas ibadah, pembelajaran, dan lain-lain. Hal ini membawa dampak terhadap aktivitas pembelajaran di SMA Muhammadiyah 5 Jakarta begitu juga dengan perilaku siswa dan guru. Para guru dituntut untuk melakukan aktivitas pembelajaran secara daring/online. Aktivitas pembelajaran yang dilakukan secara daring/online, tidak hanya mengajar saja melainkan juga memberikan tugas maupun soal.


    Firman Noor Hasan selaku Ketua Acara Kegiatan Tim Pengabdian Masyarakat sekaligus dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA memberikan sambutannya “Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk Catur Dharma Perguruan Tinggi yang mana didalamnya adalah Darma Pengabdian Masyarakat. Serta sebagai bentuk empati, transformasi, dan shadaqah ilmu dari Uhamka kepada masyarakat”, tuturnya.


    Dilain pihak, Moh.Ridwan selaku perwakilan dari Sekolah SMA Muhammadiyah 5 Jakarta sekaligus peserta pada pelatihan menyampaikan “Saya sangat mengapresiasi  kegiatan pengmas ini, karena materi yang disampaikan bersifat praktis disertai dengan praktik langsung secara step-by-step. Sehingga nantinya akan dapat diterapkan oleh para guru-guru didalam memanfaatkan teknologi T.I.K didalam membuat video pembelajaran dan materi presentasi yang interaktif," tuturnya.


    (ADP)




    Author

    admin adp