BLANTERORBITv102

    Pemerintah Terus Berupaya dengan Menggalakkan Vaksinasi

    Selasa, 28 Desember 2021


    Penadigital.id
    Kesehatan masyarakat menjadi hal utama pemerintah dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Vaksinasi sebagai bagian dari upaya penguatan kekebalan masyarakat terus dilakukan oleh Pemerintah dan sejalan dengan perealisasiannya di lapangan. 

     

    Pemerintah secara bertahap telah melakukan vaksinasi  terhadapa kelompok tenaga kesehatan, lansia, dewasa, ibu hamil, dan remaja, sejauh ini telah meluas ke kelompok anak-anak dari usia 6 hingga 11 tahun. 


    Per 27 Desember pukul 18.00 WIB, jumlah vaksinasi dosis 1 tercatat sebanyak 157.246.796 dosis atau 75,50 persen dari target, sedangkan vaksinasi dosis 2 tercatat sebanyak 111.168.620 dosis atau 53,38 persen dari target. 

     

    Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengungkapkan, "Alhamdulillah, kini sudah mencapai lebih dari 40 persen untuk target dosis kedua." 

     

    "Untuk anak-anak, vaksinasi baik dimulai dan ditargetkan harus diselesaikan dalam tiga bulan pertama tahun depan. Jadi dengan ini, anak-anak yang divaksinasi dapat sekolah secara luring atau tatap muka secara langsung. Karena selama 2 tahun belajar daring tentu ada keterampilan yang hilang terutama untuk sosialisasi terkhusus kehidupan sosial dengan teman sebaya,” kata Menko Airlangga 

     

    Dikatakan, Sentra Vaksinasi Serviam (SVS) dicetuskan oleh alumni 3 sekolah yakni Sekolah Santa Theresia, Sekolah Santa Ursula, dan Sekolah Santa Maria. SVS telah memvaksinasi kelompok lansian yang berusia diatas 60 tahun,  tenaga pendidik, pemuka agama, dan penyandang disabilitas. 

     

    Selain itu, mereka juga mevaksinasi kelompok yang berusia di atas 50 tahun pada 31 Mei 2021, kelompok usia di atas 18 tahun pada 9 Juni 2021, kelompok  di atas 12 tahun pada Juli 2021, dan kelompok usia 6 hingga 11 tahun pada Desember 2021. Untuk kelompok berusia 6 hingga 11 tahun, target vaksinasi harian adalah lebih dari 350 anak. 

     

    Menko Airlangga menambahkan, “Sentra Vaksin Serviam memiliki floe yang baik, apalagi menggunakan IT sistem yang baik terkait dengan entri data. Hal ini bisa menjadi solusi dan diterapkan di tempat lain."

     

    Dengan adanya vaksinasi yang ditargetkan untuk anak usia 6 sampai 11 tahun telah meningkatkan rata-rata  vaksinasi harian  di Indonesia. Terdapat 2.324.644 dosis sudah diberikan kepada anak usia 6 hingga 11 tahun.


    Diharapkan untuk kedepannya sentra vaksinasi yang lebih mobile akan lebih banyak lagi mobile agar masyarakat dapat segera mendapatkan vaksinasi. (pr)


    Author

    Admin pr