BLANTERORBITv102

    Luhut: Indonesia Mampu Menghadapi Kemungkinan Penyebaran Varian Baru

    Minggu, 28 November 2021

    Penadigital.id
    - Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) menyatakan bahwa Pemerintah memutuskan untuk tidak memberlakukan lockdown dalam pencegahan lolosnya varian Covid-19 B.1.1.529 atau varian omricon. 


    Menimbang dari beberapa negara yang sudah melakukan lockdown dalam penanganan varian delta, tidak selalu berhasil dalam mengatasi penyebaran virus di negara tersebut. 


    "Lockdown tidak bisa kita selalu jadikan jalan keluar utama. Karena melihat dari negara yang sudah melakukannya malah menambah serangan virus yang lebih banyak," tuturnya dalam konferensi pers daring, Minggu (28/11).


    Di Indonesia, dibandingkan lockdown, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat dan PPKM level 1-4 lebih efektif dalam hasil akhirnya.  


    Maka dari itu Luhut yakin dengan kesuksesan RI dalam menangani Covid-19 varian delta kemarin, Indonesia mampu menghadapi kemungkinan penyebaran varian baru nantinya. 


    "Dari pengalaman kita yang lalu,  saat ini kita sudah jauh lebih canggih penanganannya. Itu sudah cukup baik, tinggal kita cari lagi keseimbangannya," tambahnya.


    (DYL)

    Author

    ADMIN DYL